Advertisements

Apakah Bunuh Diri Diizinkan Dalam Islam?

Memang menyedihkan jikalau mendengar kabar atau membaca berita mengenai Muslim yang melakukan bunuh diri sebagai aksi terorisme, oleh karena itu munculah pertanyaan besar  ‘apakah bunuh diri diperbolehkan dalam Islam?’

Tidak ada tempat untuk terorisme dalam Islam dan bahkan aksi bom bunuh diri adalah kontradiksi yang mencolok dari perintah Quran. Kami akan menjelaskan lebih lanjut.

Praktik bom bunuh diri terlihat di banyak bagian dunia dan upaya telah dilakukan untuk melegitimasi tindakan tersebut.

Sebuah penelitian yang cermat terhadap sumber-sumber Islam menunjukkan bahwa tidak ada dasar untuk tindakan semacam itu dan bahwa taktik ini seharusnya tidak mungkin dilakukan oleh seorang yang mengaku beragama Islam yang sebenarnya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

– Jangan membunuh dirimu sendiri:

وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.” [Surah An Nisa (4).- ayat 30].

– Jangan jatuhkan dirimu dalam kebinasaan:

وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” [Surah Al Baqarah (2).- ayat.196].

– Islam dengan tegas melarang pembunuhan orang-orang yang tidak bersalah dan tidak agresif:

فَاِنِ انْتَهَوْا فَلَا عُدْوَانَ اِلَّا عَلَى الظّٰلِمِيْنَ

“Jika mereka berhenti, maka tidak ada (lagi) permusuhan, kecuali terhadap orang-orang zalim.” [Surah Al Baqarah (2).- v.194].

Tiga ayat ini saja seharusnya sudah cukup untuk mencegah Muslim menabrakkan pesawat ke bangunan atau mengirim dirinya untuk melakukan bunuh diri dengan bom untuk meledakkan warga sipil yang tidak bersalah.

Jadi mengapa mereka melakukannya? Sayangnya, umat Islam didorong untuk melakukan tindakan tidak Islami ini melalui janji dusta bahwa jika mereka melakukannya; maka mereka akan dianggap oleh Allah sebagai syahid dan akan langsung ke Surga. Tetapi ini adalah janji yang salah dan tindakan seperti itu hanya akan membawa pelakunya langsung ke neraka. Kita melihat contoh ini dalam hadits.

Abu Hurairah telah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad, Shallallahu Alaihi Wa Sallam, bersabda: “Siapa pun yang mencekik dirinya sendiri maka dia mencekik dirinya sendiri ke dalam api, dan siapa pun yang menikam dirinya sendiri, tombak menikam dirinya sendiri ke dalam api.”(Bukhari)

Lebih jauh, ketika tindakan seperti itu dilakukan, orang yang tidak bersalah ikut terbunuh. Al-Quran mengajarkan kita dalam Surah Al Maidah (5), Ayat 33:

 

“Bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia.”

Karena itu siapa pun yang melakukan bunuh diri atau segala bentuk terorisme yang merenggut nyawa orang yang tidak bersalah sama sekali bertentangan dengan ajaran Islam.

Tinggalkan komentar