Advertisements

Aturan Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah Nabi

Ini adalah artikel mengenai aturan dari Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam untuk menjenguk orang sakit agar kita melakukannya dengan benar dan tidak menyusahkan si sakit. Artikel ini berbentuk tanya jawab.

Pertanyaan: Apakah aturan dalam Islam mengenai mengunjungi orang sakit atau besuk orang sakit?

Segala Puji Hanya Bagi Allah. Jawaban: Mengunjungi atau membesuk orang sakit dalam bahasa Arabnya disebut Iyaadah (dari asal kata yang berarti kembali) karena kita kembali beberapa kali (Untuk membesuknya).

Aturan mengunjungi / membesuk orang sakit dalam Islam

Sebagian ulama memiliki pandangan bahwa membesuk orang sakit adalah Sunnah Muakkadah (Sunnah Yang Ditekankan)—Syaikh Islam Ibnu Taimiyah mendukung pandangan bahwa itu adalah kewajiban berjamaah (Fardhu Kifayah), sebagaimana yang ditanyakannya dalam Al-Ikhtiyarat halaman 85 dan ini pandangan yang benar.

Dan didukung di dalam Al Sahihain bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: Ada lima kewajiban setiap Muslim bagi saudara Muslimnya, “Salah satunya adalah mengunjungi / menjenguk orang sakit”. Keseluruhan Haditsnya adalah sebagai berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم “حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ: إذَا لَقِيْتــَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاك فَأَجِبْهُ، وَإِذَاسْتَنْصَحَك فَانْصَحْهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشمِّتْهُ، وَ إِذاَ مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذاَ ماَتَ فاتـْبَعْهُ”. (رَواهُ مُسلمٌ(

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu1 ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Hak seorang Muslim terhadap sesama Muslim ada enam, yaitu: (1) jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, (2) jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya, (3) jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, (4) jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka doakanlah ia, (5) jika ia sakit maka jenguklah dan (6) jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya”. (HR. Muslim).

Dalam versi lainnya tertulis, “Hak-hak seorang Muslim bagi saudaranya adalah….” Al-Bukhari berkata: Dalam Bab kewajiban menjenguk orang sakit, dan ia meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Memberi makan mereka yang lapar, menjenguk orang sakit dan bebaskan tahanan”.