Advertisements

Bacaan Adzan Dan Doa Setelah Adzan

Bacaan Adzan dan doa setelah Adzan Shahih. Di masa awal Islam tidak ada cara umum memanggil manusia untuk melaksanakan Shalat dan tidak ada pula cara memanggil Muslim untuk mendatangi Masjid untuk Shalat berjamaah.

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam melihat kaum Yahudi, kaum Kristen dan kaum Musyrik melaksanakan hal ini. Kemudian Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengadakan musyawarah dan menanyakan kepada para sahabat mengenai cara apa yang harus diterapkan untuk memanggil umat Islam untuk datang ke Masjid untuk Shalat berjamaah.

Satu pagi, Abdullah Bin Aziz Radhiyallahu Anhu mendatangi Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dan menceritakan mimpi yang dialaminya di malam sebelumnya. Di mana dirinya melihat seseorang mengumumkan waktu Shalat dan memanggil orang-orang untuk menuju Masjid untuk melaksanakan Shalat berjamaah dengan suara yang keras.

Kemudian Abdullah Bin Aziz (RA) menghubungkan kata-kata dalam mimpinya sebagai Adzan. Dan ini adalah keseluruhan seruan Adzan.

Adzan dan Iqomah adalah amalan sangat utama dalam Syariah dimana Rasulullah pernah mengatakan bahwa Muadzin (orang yang ber-adzan) sebagai orang yang diberi amanah dan mendapat ampunan-Nya.

“Imam sebagai penjamin dan muadzin (orang yang adzan) sebagai yang diberi amanah, maka Allah memberi petunjuk kepada para imam dan memberi ampunan untuk para muadzin” [Abu Dawud (1203), At Tirmidzi (207), dan Ahmad (II/283-419)].

Pengertian dari Adzan

Adapun arti dari Adzan menurut bahasa adalah seruan atau pemberitahuan. Hal ini dapat kita temui pada surat At Taubah Ayat 3:

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ

“dan ini adalah seruan dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia”

Maka dalam Islam Adzan di artikan sebagai seruan untuk menandakan masuknya waktu Shalat Fardhu yang dikumandangkan rutin setiap harinya. [Taisirul ‘Alam Syarah ‘Umdatul Ahkam, hal 84].

Bacaan Adzan

Berikut adalah bacaan Adzan yang dikumandangkan bagi kaum Muslim Sunnah Wal Jamaah di tanah air.

Bacaan Adzan

(4x) ٱللهُ أَكْبَر

Latin.

Allahu Akbar.

Artinya:

Allah Maha Besar.

(2x) أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا ٱلله

Latin.

Asyhadu Allaa Ilaaha Illallaah.

Artinya:

Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.

(2x) أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ ٱلله

Latin.

Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah.

Artinya:

Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah / Utusan Allah.

(2x) حَيَّ عَلَى ٱلصَّلَاة

Latin.

Hayya’ Alash Shalaah.

Artinya:

Marilah Shalat.

(2x) حَيَّ عَلَى ٱلْفَلَاح

Latin.