Advertisements

Bolehkah Shalat Tahajud Berjamaah?

Aitarus.com — Apakah anda pernah bertanya mengenai bolehkan melaksanakan Sholat Tahajud secara berjamaah? Kan kalau berjamaah tentu pahalanya lebih besar dibandingkan sendirian. Lalu bagaimana jika berjamaah untuk melaksanakan Tahajud? Jawabnya adalah boleh, namun penjelasan rinciannya adalah sebagai berikut.

Bolehkah Shalat Tahajud berjamaah?

Menurut situs NU, melaksanakan Sholat Tahajud secara berjamaah hukumnya tetap sah. Sah disini hanya sebatas dari segi pelaksanaan secara berjamaah, tidak mendapat pahala berjamaah.

Jadi jikalau seseorang melaksanakan Shalat Tahajud berjamaah, maka dirinya mendapatkan pahala hanya karena melaksanakan Tahajud saja, dan tidak mendapatkan pahala dari faktor jamaahnya.

Dan bagaimana jika melakukan jamaah guna mengajari orang lain?

Apabila tujuan berjamaah dimaksudkan untuk mengajari seseorang agar dapat bertahajud dan membuatnya terbiasa melakukannya, maka niatan itu Insya Allah mendapat pahala dikarenakan niatan ingin mengajari orang lain, dan hal ini merupakan aktivitas cukup lazim ditemui di sejumlah ponpes di Indonesia.

Akan tetapi pembolehan melaksanakan Tahajud berjamaah agar tidak dijadikan dalil untuk meyakini bahwa Tahajud secara berjamaah merupakan hal yang ditekankan oleh Syariat. Jika keyakinan itu dijadikan pegangan maka melaksanakan Sholat Tahajud berjamaah menjadi hal yang haram bahkan harus dicegah.

Tinggalkan komentar