Advertisements

10 Cara Agar Anak Cinta Sholat

Shalat adalah tiang agama yang membuat bangunan iman kita tetap kokoh berdiri tegak, oleh karenanya wajib kita terus menjaga tiang ini. Karena akan membawa kita menjauhi segala hal yang mungkar.

Dan setiap Muslim pastilah menyadari akan pentingnya dan keutamaan Sholat. Karena ibadah ini masuk dalam rukun Islam setelah bersyahadat. Sehingga tidak ada alasan apapun untuk berkilah bahwa ibadah ini tidak wajib.

Namun mendirikan Shalat dibutuhkan konsistensi dimana didalamnya adalah disiplin memerangi malas. Benar sekali, malas adalah musuh utama setiap Muslim untuk terus melaksanakan Shalat 5 waktu dalam sehari.

Akan tetapi segalanya akan jauh lebih ringan jikalau dari kecil sudah terdidik untuk mendirikan Shalat secara rutin. Tentu bukan untuk kita, namun untuk anak-anak kita. Kita harus mengarahkan anak-anak kita agar memiliki kebiasaan shalat, dan membangun rasa cinta melaksanakan Shalat.

Hadirkan rasa berhasrat dan butuh untuk shalat didalam diri mereka dan berkomunikasi kepada Tuhan, tanpa rasa terpaksa karena diperintah orang tua. Meskipun begitu, mereka tetap harus menyadari bahwa Shalat adalah perkara wajib bukan pilihan.

Oleh karenanya jangan sampai anak-anak kita berada dalam kondisi seperti kita yang berjuang keras namun mereka tumbuh menjadi Muslim dan Muslimah yang merasa butuh untuk terus berhubungan dengan Tuhannya melalui shalat, tanpa terpaksa dan mampu menaklukan malas dengan mudah. Jadikan shalat kebiasaan layaknya makan dan minum.

Untuk mendapatkan rasa seperti itu bagi anak-anak kita maka silahkan ikuti 10 cara membuat anak-anak kita cinta shalat

10 cara agar anak cinta shalat

Terapkan ke-10 cara ini agar nantinya anak-anak kita terbiasa dan lebih baik lagi menjadi butuh untuk melaksanakan Sholat.

Ajari dengan contoh

Anak-anak suka sekali meniru kelakuan orang tuanya. Biarkanlah mereka melihat anda berwudhu, mengambil sajadah, dan segera shalat tepat setelah Adzan terdengar.

Penjelasan: Sebagai orang tua, kita adalah contoh utama bagi anak-anak mengenai seorang Muslim yang ideal. Jikalau kita mengutamakan Shalat setiap harinya, tidak menundanya apalagi meninggalkannya, maka anak-anak akan menyadari pentingnya Sholat.