Cara Agar Masuk Surganya Allah

Sebagai seorang Muslim kita yakin bahwa suatu hari nanti akan mati dan tujuan akhir kita adalah kehidupan akhirat. Ketika di akhirat, akan diputuskan apakah kita akan menjadi penghuni Surga (Jannah) atau Jahanam (Neraka) dimana semua itu tergantung dari Rahmat Allah Azza Wa Jalla, dimana Rahmat-Nya dapat diraih dengan melakukan tindakan-tindakan yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Islam menyediakan sejumlah cara untuk ditempuh agar mendapatkan Rahmat Allah sehingga dapat memasuki surga-Nya, dan Allah telah membuatnya amat jelas dan gamblang mengenai cara masuk Surga, namun seringkali kita melalaikannya dikarenakan disibukan oleh urusan dunia yang hanya sementara ini. Dalam sebuah ayat Al Qur’an menyatakan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Quran, 5:35).

Cara agar masuk Surga menurut Al Qur’an dan Al Hadits

Ini adalah cara yang kita bisa amalkan untuk mendapat Surga Allah dan mendapatkan hidup yang lebih berkah karena selalu dalam tuntunan dari Allah Azza Wa Jalla dan bimbingan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

1. Takutlah kepada Allah

Allah berfirman.

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ

“Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” [Surah Rahman, ayat 46].

Salah satu dari makna ayat ini adalah bagi siapapun yang takut berada ditempat dimana tindakannya akan dihitung dihadapan Allah Azza Wa Jalla di Hari Kiamat, dan jika ia menahan diri dari berbuat dosa dan melakukan amal baik, maka ada dua taman / surga baginya.

Baca juga rukun Iman dan segala penjelasannya.

2. Taat dan cinta Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam

وَمَنۡ يُّطِعِ اللّٰهَ وَالرَّسُوۡلَ فَاُولٰٓٮِٕكَ مَعَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ مِّنَ النَّبِيّٖنَ وَالصِّدِّيۡقِيۡنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصّٰلِحِيۡنَ‌ ۚ وَحَسُنَ اُولٰٓٮِٕكَ رَفِيۡقًا ؕ

“Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” [Quran 4:69].

Sahabat Anas (RA) melaporkan, dimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

“Barangsiapa yang mencintaiku akan bersamaku di surga.” [At-Tirmidhi 2678,].

3. Cintai para sahabat Rasulullah

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

“Setelahku, maka ikuti Abu Bakar dan Umar, dan para sahabatku yang mengikuti jalan Allah”.

Diriwayatkan oleh Jubair bin Mutim.

Seorang wanita mendatangi Nabi yang memerintahkannya untuk kembali lagi. Si wanita bertanya, “Bagaimana jika nanti aku tidak menemukan dirimu?”, seolah-olah ia ingin menanyakan, “Bagaimana jikalau dirimu sudah tiada?”. Nabi menjawab: “Jikalau dirimu tidak menemukanku, maka carilah Abu Bakar.”[Volume 5, Book 57, 11].

4. Belajar agama

Pengetahuan agama merupakan hal amat penting agar memahami hal apa yang akan membawanya ke surga atau kita menjadi tahu mana yang haq dan bathil bagi Allah Azza Wa Jalla. Dimana Al Qur’an menjelaskan.

اِنَّمَا يَخۡشَى اللّٰهَ مِنۡ عِبَادِهِ الۡعُلَمٰٓؤُا ‏

” Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” [Quran 35:28].

Dan juga di ayat berikut.

لَٰكِنِ الرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُونَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ

Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu. [Surah An Nisa (4) :162].

5. Shalat (Sholat)

Shalat pada waktunya merupakan hal amat penting, Allah berfirman.

“Orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar”. [Surah An Nisa (4) 162].

Allah (SWT) berfirman dalam Al Quran.

وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

“….dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya”. [Quran 23:9].

Maka teruslah kita memelihara Shalat kita jangan pernah menundanya apalagi tidak mengerjakannya.

Baca juga Shalat Fardhu.

6. Akhlaq

Kata “Akhlaq” muncul dalam Al Qur’an mengenai Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam.

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung”. (Al Quran, Al-Qalam (68): 4).

Sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam merupakan bingkai dari kesempurnaan moral bagi manusia.

7. Mengikuti Sunnah dan memakan yang halal

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Barangsiapa yang memakan yang halal dan mengikuti Sunnah, dia akan masuk surga. Para Sahabat Nabi (Radhiyallahu Anha) berkata: Banyak dari umatmu seperti itu. Nabi (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) menjawab: “Akan ada lagi seperti mereka setelah waktu ku.”

8. Kalima Tayyiba

Diriwayatkan oleh Muadz ibnu Jabal (Radhiyallahu Anhu) berkata: Aku mendengar Rasulullah (Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam) bersabda:

“Jika kalimat terakhir seseorang adalah: “Laa ilaaha ill-Allah”, maka ia akan masuk surga.”

[Diriwayatkan oleh Ahmad, 21529; Abu Dawood, 3116; dishahihkan oleh al-Albaani in Irwa’ al-Ghaleel, 687 ].

Akhirul kalam

Dalam Al Qur’an dan Al Hadits kita diajarkan mengenai jalan yang harus ditempuh agar mendapat surganya Allah, dan juga diajarkan untuk menjauhi segala hal yang akan mendatangkan murkanya Allah.

Semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung baik di dunia dan di akhirat, dan mendapatkan Rahmat-Nya….Aaamiiin Allahuma Aaamiin. Dan selalu berprasangka baik terhadap Allah Azza Wa Jalla.

Dan lakukan segala perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya sebaik dan setulus yang kita mampu. Insya Allah semua usaha kita akan mendapatkan Ridho-Nya.

Itulah keseluruhan artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar