Advertisements

Kumpulan Doa Bercermin Arab, Latin Dan Artinya Beserta Adab Bercermin

Bercermin merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan setiap manusia, dikarenakan manusia ingin tahu keadaan wajah dan penampilan dirinya pada suatu waktu.

Dengan tujuan semata-mata agar tampil baik dan rapi. Oleh karenanya cermin merupakan salah satu perabot yang sudah lumrah ditemui di setiap rumah. Dan Islam mengajarkan kepada kita mengenai doa yang bisa dijadikan sebagai doa bercermin, yaitu doa yang didapat melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Kenapa sebaiknya kita membaca doa sebelum bercermin? Dikarenakan bercermin bisa pula menjadikan kita besar kepala dan sombong dikarenakan kebagusan fisik, berupa ketampanan, kecantikan atau tubuh yang indah.

Jika dibiarkan akan membahayakan bagi kita sendiri, karena kita akan menganggap diri kita berlebihan melebihi apa yang Allah Ta’ala telah anugerahkan. Atau sebaliknya merasa tidak bersyukur jikalau merasa diri kita tidak setampan atau secantik yang diinginkan.

Dan kedua adalah kita sebagai manusia memang punya kebiasaan bercermin, dikarenakan kita sebagai manusia secara naluriah ingin terlihat lebih tampan dan cantik, dan caranya dengan melihat penampilan dan wujud kita melalui cermin sehingga kita dapat menilai bagian mana dari wajah atau tubuh kita yang dianggap perlu diperbagus lagi. Dan Islam tidak melarang kita memperbagus diri.

Jika membicarakan wilayah doa maka kita diberi kebebasan oleh Allah untuk berdoa apa saja sesuai hajat yang kita inginkan, seperti bercermin namun tentu saja sebaik-baiknya doa adalah yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika dirinya membaca doa berkenaan memperbagus diri, dari sini jelas bagi kita bahwa memang doa tersebut sebaiknya dipraktekan juga oleh umatnya.

Doa bercermin yang saya hadirkan disini merupakan yang dipraktekkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dimana para sahabatnya mendengar dan menyaksikannya kemudian meriwayatkannya, hingga sampai kepada kita melalui proses periwayatan dalam bentuk Hadits. Alhamdulillah karena hal itu, kita semua memiliki bekal doa ketika ingin bercermin meskipun melalui penjelasan mengenai hadits tersebut dijelaskan bahwa Nabi tidak memanjatkannya saat dirinya bercermin.

Doa bercermin dalam Islam

Doa bercermin yang biasa kita panjatkan ketika ingin bercermin adalah doa yang sudah populer dimana menurut riwayat diberitakan oleh Ali Bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu bahwa ketika bercermin Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.