Kumpulan Doa Bercermin Arab, Latin Dan Artinya Berserta Adab Bercermin

Bercermin merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan setiap manusia, dikarenakan manusia ingin tahu keadaan wajah dan penampilan dirinya pada suatu waktu. Dengan tujuan semata-mata agar tampil baik dan rapi. Oleh karenanya cermin merupakan salah satu perabot yang sudah lumrah ditemui di setiap rumah. Dan Islam mengajarkan kepada kita mengenai doa yang bisa dijadikan sebagai doa bercermin, yaitu doa yang didapat melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Kenapa sebaiknya kita membaca doa sebelum bercermin? Dikarenakan bercermin bisa pula menjadikan kita besar kepala dan sombong dikarenakan kebagusan fisik, berupa ketampanan, kecantikan atau tubuh yang indah. Jika dibiarkan akan membahayakan bagi kita sendiri, karena kita akan menganggap diri kita berlebihan melebihi apa yang Allah Ta’ala telah anugerahkan. Atau sebaliknya merasa tidak bersyukur jikalau merasa diri kita tidak setampan atau secantik yang diinginkan.

Dan kedua adalah kita sebagai manusia memang punya kebiasaan bercermin, dikarenakan kita sebagai manusia secara naluriah ingin terlihat lebih tampan dan cantik, dan caranya dengan melihat penampilan dan wujud kita melalui cermin sehingga kita dapat menilai bagian mana dari wajah atau tubuh kita yang dianggap perlu diperbagus lagi. Dan Islam tidak melarang kita memperbagus diri.

Jika membicarakan wilayah doa maka kita diberi kebebasan oleh Allah untuk berdoa apa saja sesuai hajat yang kita inginkan, seperti bercermin namun tentu saja sebaik-baiknya doa adalah yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika dirinya membaca doa berkenaan memperbagus diri, dari sini jelas bagi kita bahwa memang doa tersebut sebaiknya dipraktekan juga oleh umatnya.

Doa bercermin yang saya hadirkan disini merupakan yang dipraktekkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dimana para sahabatnya mendengar dan menyaksikannya kemudian meriwayatkannya, hingga sampai kepada kita melalui proses periwayatan dalam bentuk Hadits. Alhamdulillah karena hal itu, kita semua memiliki bekal doa ketika ingin bercermin meskipun melalui penjelasan mengenai hadits tersebut dijelaskan bahwa Nabi tidak memanjatkannya saat dirinya bercermin.

Doa bercermin dalam Islam

Doa bercermin yang biasa kita panjatkan ketika ingin bercermin adalah doa yang sudah populer dimana menurut riwayat diberitakan oleh Ali Bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu bahwa ketika bercermin Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Dan berikut ini adalah doa bercermin yang biasa dan lazim kita lafadzkan.

Doa bercermin I

Doa Bercermin dalam bahasa Arab

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

Doa bercermin dalam bahasa latin

“Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii”.

Arti dari doa bercermin dalam bahasa Indonesia

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.” (Ibnu Sunni, “Amal al-Yaum Wa Al-Lailah no. 160).

Keterangan doa bercermin dari para ulama

Hadits diatas dihadirkan oleh Imam Nawawi Rahimahullah dalam kitabnya Al-Adzkar dalam bab: “Apa yang dibaca saat bercermin”.

Ibnu Taimiyah Rahimahullah menyertakan pula doa bercermin ini dalam kitab Zikir susunannya yakni “al-Kalim al-Thayyib”.

Namun Al Bani men-dhaifkan sanad-nya sebagai Dhaif Jiddan. (Al Irwa’ dan Shahih wa dhaif al jami’ al shaghir no: 9936).

Baca juga doa Iftitah.

Doa bercermin II

Selain itu terdapat pula doa shahih yang nyaris serupa, dan sudah dijadikan sebagai doa bercermin di masyarakat kita. Adapun doanya sebagai berikut.

Doa bercermin bahasa Arab

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda.

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

Doa bercermin dalam bahasa latin

“Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassan khuluqii”.

Arti doa bercermin dalam bahasa Indonesia

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.” (HR. Ahmad IV/68, 155 dengan isnad shahih. Al-Haitsami berkata dalam Al-Majma’, bahwa hadits tersebut diriwayatkan Imam Ahmad dan perawi-perawinya adalah perawi-perawi yang shahih.).

Baca juga doa Qunut.

Doa bercermin III

Al-Thabrani dalam Al-Ausath meriwayatkan dari Anas Bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu memberitakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam disaat bercermin memanjatkan doa berikut.

Doa bercermin dalam bahasa Arab

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِي فَعَدَّلَهُ ، وَصَوَّرَ صُوْرَةَ وَجْهِي فَحَسَّنَهَا ، وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Doa bercermin dalam bahasa latin

“Alhamdulillah ladzii tsa’wa kholqii faada lahu, wa so’wa ro suurota wajhi fahassanahaa, wa jaalanii minal muslimiin”.

Arti doa bercermin dalam bahasa Indonesia

Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupaku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang Islam.” (Oleh Ibnu Sunni, akan tetapi Al Bani mendhaifkannya dalam al-Irwa’ dan dalam Shahih wa Dhaif al-Jami’ al-Shaghir, no. 9936).

Doa bercermin IV

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

Doa bercermin dalam bahasa latin

“Allahuma hasanta kholqii fahasin khuluqii wa harim wajhii alaa naar”.

Arti doa bercermin dalam bahasa Indonesia

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku dan Haramkan wajahku tersentuh neraka”. (Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil no. 74).

Penjelasan para Ulama yang menganjurkan agar membaca doa bercermin

Membaca doa adalah kebaikan yang amat besar manfaatnya, terlebih lagi jika kandungan doanya mengandung hal yang benar seperti doa bercermin. Di sini akan saya paparkan sejumlah ulama kontemporer yang menganjurkan membaca doa-doa bercermin ini.

Syaikh Bakr Abu Zaid Rahimahullah dalam satu kesempatan mengatakan:

قد صحّ عنه انه صلي الله عليه وسلم كان يدهو هذا الدعاء ولكن لم يشبت عنه تقييده بالنظر في المراة , وسُئل عنه ابن رشد فانكر علي من استنكر الدعاء به لعموم احاد يث طلب الد عاء .

Artinya:

Terdapat riwayat yang shahih bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam membaca doa ini. Hanya saja tidak di jumpai keterangan bahwa beliau membaca doa itu ketika melihat cermin. Ibnu Rusyd ditanya tentang doa ini, kemudian beliau mengingkari orang yang melarang doa ini, mengingat keumuman hadist yang memerintahkan untuk berdoa.

Selain itu professor Syaikh Abdullah Al Jibrin Rahimahullah juga menjelaskan perkara ini:

اي من السنة النظر في المراة وهي الزجاج العاكس للصورة : لانه – صلى الله عليه وسلم – كان يفعله , ويسن ان يقول ما جاء في الحديث السابق ( اللهم كما حسنت خلقي فحسن خلقي )

Artinya:

Di antara Sunnah ketika melihat pada cermin yang bisa memantulkan bayangan karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam melakukannya. Dan disunnahkan membaca doa ini sebagaimana pada hadist yang telah lewat.

Baca juga doa setelah Shalat Tahajud.

Adab saat bercermin

Ada baiknya dalam melakukan aktivitas bercermin kita mengikuti adab yang memang seharusnya dilakukan sebagai seorang Muslim. Jujur saja dan berdasarkan fakta yang ada, bercermin bisa meningkatkan mood kita, jika bayangan yang muncul sesuai atau melebihi harapan kita akan merasa bahagia, jika sebaliknya tampak tidak bagus, akan menurunkan mood kita. Oleh karenanya saat ingin bercermin ada baiknya kita melakukan adab yang tersusun berikut ini.

Sebelum itu ada baiknya kita ingat bahwa Allah yang menciptakan kondisi fisik kita, dimana kita sebagai ciptaanNya sudah sepatutnya merasa bersyukur karena sebaik-baiknya bertindak adalah syukur kepada Allah, agar selalu ditambah nikmat yang telah kita nikmati.

  1. Membaca doa bercermin ketika ingin atau saat bercermin.
  2. Selalu bersyukur atas apa yang telah dianugerahkan kepada kita, berupa fisik, ketampanan, kecantikan, bentuk wajah, bentuk fisik dan keadaan apapun. Disini akan menambah nikmat yang telah kita dapatkan.
  3. Jauhkan diri kita dari rasa sombong karena kebagusan fisik dan wajah kita.
  4. Jangan pula menyesali apapun apabila merasa kurang.
  5. Jangan berlama-lama saat bercermin.
  6. Jangan berbicara atau ketawa kepada bayangan yang muncul di cermin.

Baca juga doa setelah melaksanakan Shalat Dhuha.

Perintah bersyukur

Agar kita selalu bersyukur mengenai apa yang telah Allah Azza Wa Jalla telah anugerahkan kepada kita, agar kita selalu bersyukur, mengingat dan memujiNya saat kita bercermin sebagai tanda Syukur terhadapNya.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya.

“Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya, jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih!’.” [QS. Ibrahim: 7]

Keterangan dari doa-doa bercermin

Jelas sudah bahwa umumnya doa-doa yang Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi yang berkenaan dengan rupa sering dibarengi dengan doa kebaikan akhlak.

Hal ini memberi sinyal jelas kepada kita bahwa Nabi berharap agar kita mengingat kepada kebagusan Akhlak juga selain kebagusan rupa.

Oleh karena itulah, yang terbaik bagi kita adalah agar—selain—kita berharap akan kebagusan akhlak juga kebagusan akhirat, dan juga agar diselamatkan dari api neraka.

Karena Rasulullah memang selalu menekankan dan mengingatkan akan akhlak kepada umatnya, salah satunya seperti sabda beliau berikut ini.

مَا مِنْ شَيْءٍ أَثْقَلُ فِي الْمِيزَانِ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ

“Tidak ada sesuatu yang dapat memperberat timbangan (kebaikan) seorang mukmin  pada hari qiyamat selain kebaikan akhlaknya”. (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Jadi sebaiknya agar kita selalu ingat akan akhlak dan bersyukur agar nikmat selalu ditambah kepada kita….Aaamiiin Allahuma Aaamiiiin.

Akhirul kalam

Itulah keseluruhan doa bercermin yang bisa kita amalkan, meskipun ada ulama yang mengatakan bahwa doa yang nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam sifatnya umum bukan sebatas bercermin, akan tetapi dari kandungan doanya bisa kita panjatkan ketika ingin bercermin dan memiliki korelasi.

Semoga artikel mengenai doa bercermin bahasa Arab, latin dan artinya berserta adab bercermin memberikan manfaat dan silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat siapa tahu mereka ingin mengetahui doa ini dan seperti biasa sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com selanjutnya di masa datang.

Tinggalkan komentar