Advertisements

Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah Nabi

Aitarus.com — Bagaimanakah doa buka puasa Ramadhan sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam? Maka anda akan mendapatkan jawaban mengenai doa berbuka puasa Ramadhan yang Insya Allah bermanfaat bagi kita semua yang menjalankan ibadah puasa.

Puasa Ramadhan sebentar lagi, tinggal menghitung hari, Alhamdulillah kita semua bersyukur akan datangnya bulan yang dimana dibukanya pintu surga, ditutupnya pintu neraka dan dibelenggunya para setan.

Selain itu bulan Ramadhan juga bulan diturunkannya Al Qur’an sebagai petunjuk bagi seluruh manusia hingga akhir zaman nanti.

Insya Allah sudah banyak persiapan yang kita miliki untuk menyambut dan menunaikan segala kewajiban ibadah baik fardhu dan sunnah selama Ramadhan nanti.

Adapun diantara ibadah yang termasuk dalam kegiatan puasa Ramadhan adalah doa berbuka puasa, apakah kita semua sudah tahu doa disaat kemenangan ini? Insya Allah sebentar lagi kita akan mendapati doa buka puasa yang benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Doa buka puasa Ramadhan sesuai Sunnah yang Shahih

Sejatinya, tidak ditemukan nash Shahih mengenai doa buka puasa, atau tepatnya doa sebelum membatalkan puasa kita saat di bulan Ramadhan.

Karena tidak ada riwayat satupun yang menjelaskan kepada kita bahwa saat ingin berbuka puasa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam membaca doa tertentu ketika ingin membatalkan puasa beliau. Namun begitu beliau mengajarkan kepada kita ucapan yang seharusnya kita sebutkan ketika ingin makan. Dan ucapan tersebut bisa dijadikan doa dan bacaan sebelum berbuka puasa atau membatalkan puasa Ramadhan ketika sudah masuk waktunya.

Doa sebelum berbuka puasa sesuai sunnah Nabi

Doa yang diajarkan Nabi ketika hendak makan dan minum adalah hanya dengan menyebut nama Allah saja, contoh Bismillah.

Ini berlandas kepada sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam dimana beliau mengajarkan untuk menyebut nama Allah sebelum menyantap makanan.

« يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ » . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

“Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah “BISMILLAH”), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022).

Maka berlandas hadits diatas, kita bisa gunakan bacaan Bismillah sebagai doa atau bacaan ketika memulai berbuka puasa, karena berbuka puasa adalah aktivitas menyantap makanan, yang berarti makan.

Maka bacalah bacaan sebelum berbuka puasa yakni doa ketika ingin makan seperti diajarkan nabi kita yakni cukup dengan menyebut Bismillah saja.

Doa setelah berbuka puasa sesuai sunnah Nabi

Adapun untuk doa setelah usai berbuka puasa, maka sahabat meriwayatkan bacaan yang nabi Muhammad pernah untaikan yakni:

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Bahasa latin:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.”

Artinya:

Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki“. (HR. Abu Daud [2/306, no. 2357] dan Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678).

Hadits diatas diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhu, jika kita meneliti bacaan doanya maka kita mendapati: “Jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berbuka, beliau membaca…”.

Makna dari إذا أفطر berarti setelah makan dan minum, itu artinya doa ini dibaca setelah seseorang membatalkan puasanya atau setelah berbuka. Maka doa ini tidak seharusnya dibaca sebelum membatalkan puasa (Makan dan minum).

Silahkan baca juga.

Doa buka puasa Ramadhan yang populer di masyarakat

Selain itu kita juga terbiasa melafadzkan doa berbuka yang sebenarnya tidak berasal dari sumber yang Sahih atau bisa dikatakan meragukan. Namun isi dari doa tersebut merupakan perkara yang Shahih dan tidak bathil, juga tidak menyelisihi akidah. Oleh karenanya bisa diterapkan. Karena ini merupakan doa.