Advertisements

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Kita hidup didunia tujuannya adalah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala, karena memang tujuan manusia diciptakan adalah untuk menyembah-Nya. Namun begitu dalam perjalan hidup didunia ini kita menghadapi banyak cobaan dan rintangan yang bisa jadi menjauhi kita dari Ridho-Nya dan Jalan-Nya. Oleh karenanya itulah kita harus berdoa agar selalu diperbaiki agama kita, diperbaiki dunia dan akhirat kita kelak, juga kebaikan selalu.

Dan ini adalah doa kebaikan dunia dan akhirat dan agar terus istiqomah dalam memeluk agama Islam. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dalam kitab Muslim, Abu Hurairah (Radhiyallahu Anhu) meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam biasa menghaturkan doa selamat berikut ini.

Doa kebaikan dunia akhirat

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي ، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي ، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي

وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Allahumma ashlih li dini alladzi huwa “ishmatu amri, wa ashlih li dun-yaya al lati fiha ma’asyi, wa ashlih li akhirati al lati ilaiha ma’adi, waj’al al hayata ziyadatan li fi kulli khairin, waj’al al mauta rahatan li min kullisyarrin.

Artinya: Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan penjaga urusanku, perbaikilah duniaku yang merupakan penghidupanku, perbaikilah akhiratku yang merupakan tempat kembaliku, dan jadikanlah hidup sebagai kesempatan untuk menambah setiap kebaikanku, dan jadikanlah kematian sebagai istirahat bagiku dari segala kejahatan.” (HR.Muslim Nomor. 2720).

Kata-kata utama dalam doa kebaikan dunia akhirat

Inilah kata-kata utama yang terdapat dalam doa kebaikan dunia dan akhirat dari hadits Shahih diatas.

  • Aṣliḥ: Akar kata dari kata ini memiliki banyak arti, namun dalam konteks di dunia ini berarti: “memperbaiki / perbaiki”. Kata ini antonim dengan kata Fasad yang artinya penyimpangan dari yang baik.
  • ‘Iṣmah: Kata ini berasal dari akar kata yang berarti “melindungi, menjaga dan mempertahankan”. Ismah berarti sesuatu yang dijaga, dirawat, dilindungi, dan diurus. Dalam konteks doa ini, artinya bahwa agama merupakan hal penting dalam diri setiap Muslim karenanya meminta agar Allah menjaga agar tetap memeluknya.
  • Ma’āsh: Arti kata ini berasal dari akar kata hidup. Ma’ash berarti kehidupan.
  • Ma’ād: Dari akar kata yang berarti kembali, Ma’ad merupakan tempat kembali atau rumah.
  • Ziyādah: Berasal dari akar kata berarti meningkatkan, memperbesar dan membuatnya berlimpah.
  • Rāḥah: Kata ini berarti istirahat, nyaman dan melakukan sesuatu dengan mudah.

Baca juga Doa masuk Masjid.

Hal-hal yang menguntungkan jika membaca doa kebaikan dunia dan akhirat

Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan penjaga urusanku”.