Advertisements

Doa Keluar Dan Masuk Rumah Berdasarkan Sunnah Shahih Beserta Adabnya

Doa keluar rumah berdasarkan Sunnah Nabi sesuai sunnah Nabi beserta doa keluar rumah merupakan kebiasaan yang sudah seharusnya kita amalkan dan terus jaga akan kita selalu ingat Allah ketika keluar dan masuk rumah dan selalu dalam penjagaan dan perlindungan-Nya.

Mungkin banyak dari kita yang lalai untuk membaca doa saat ingin keluar rumah juga ketika ingin memasukinya itu dikarenakan kita tidak membiasakan diri untuk membaca doa, bahkan malah ada yang belum mengetahui dan menghafal doa untuk keluar rumah yang sesuai Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Oleh karenanya saya berinisiatif untuk menghadirkan tidak hanya doa keluar rumah namun juga doa untuk masuk rumah berdasarkan hadits yang Insya Allah kredibilitasnya terjaga dan meyakinkan kepada kita bahwa kita membaca doa keluar rumah sesuai yang Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Sunnah-kan untuk umatnya.

Membaca doa keluar dan masuk rumah sebenarnya amalan yang sifatnya ringan karena doanya tidak panjang dan mudah untuk dihafalkan akan tetapi karena satu dan lain hal kita sering melupakan dan melalaikannya oleh karenanya mulai sekarang ingatkan diri untuk selalu membacanya setelah menghafalnya. Semoga Allah selalu mengingatkan kita untuk selalu melakukan amalan-amalan yang diridhoi-Nya….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin.

Bacaan doa ketika ingin keluar rumah sesuai Sunnah Shahih

Doa Keluar Rumah
Kredit: Islami.co

Sebaik-baiknya petunjuk adalah dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, dan beliau mengajarkan doa berikut sebagai bacaan yang sepatutnya dibaca jikalau ingin keluar rumah untuk urusan apapun. Disini akan kita dapati doa keluar rumah bahasa Arab, bahasa latinnya beserta artinya agar kita dapat sepenuhnya memahami cara mengucapkannya begitupun arti dari doa ini.

Doa keluar rumah bahasa Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Doa keluar rumah latin

Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah.

Artinya: Dengan nama Allah, Aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah [HR. Abu Daud 5095].