Doa Keluar Dan Masuk Rumah Berdasarkan Sunnah Shahih Beserta Adabnya

Paket Umroh Akhir Tahun

Doa keluar rumah berdasarkan Sunnah Nabi sesuai sunnah Nabi beserta doa keluar rumah merupakan kebiasaan yang sudah seharusnya kita amalkan dan terus jaga akan kita selalu ingat Allah ketika keluar dan masuk rumah dan selalu dalam penjagaan dan perlindungan-Nya.

Mungkin banyak dari kita yang lalai untuk membaca doa saat ingin keluar rumah juga ketika ingin memasukinya itu dikarenakan kita tidak membiasakan diri untuk membaca doa, bahkan malah ada yang belum mengetahui dan menghafal doa untuk keluar rumah yang sesuai Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Oleh karenanya saya berinisiatif untuk menghadirkan tidak hanya doa keluar rumah namun juga doa untuk masuk rumah berdasarkan hadits yang Insya Allah kredibilitasnya terjaga dan meyakinkan kepada kita bahwa kita membaca doa keluar rumah sesuai yang Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Sunnah-kan untuk umatnya.

Membaca doa keluar dan masuk rumah sebenarnya amalan yang sifatnya ringan karena doanya tidak panjang dan mudah untuk dihafalkan akan tetapi karena satu dan lain hal kita sering melupakan dan melalaikannya oleh karenanya mulai sekarang ingatkan diri untuk selalu membacanya setelah menghafalnya. Semoga Allah selalu mengingatkan kita untuk selalu melakukan amalan-amalan yang diridhoi-Nya….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin.

Bacaan doa ketika ingin keluar rumah sesuai Sunnah Shahih

Doa Keluar Rumah
Kredit: Islami.co

Sebaik-baiknya petunjuk adalah dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, dan beliau mengajarkan doa berikut sebagai bacaan yang sepatutnya dibaca jikalau ingin keluar rumah untuk urusan apapun. Disini akan kita dapati doa keluar rumah bahasa Arab, bahasa latinnya beserta artinya agar kita dapat sepenuhnya memahami cara mengucapkannya begitupun arti dari doa ini.

Doa keluar rumah bahasa Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Doa keluar rumah latin

Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah.

Artinya: Dengan nama Allah, Aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah [HR. Abu Daud 5095].

Ketika keluar rumah kemudian melihat ke langit lalu membaca doa keluar rumah berikut.

Doa keluar rumah bahasa Arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Doa keluar rumah latin

Allahumaa Inii Audzubbikaa An Adhilla Uu Udholla Auw Adzii Auw Udzalla Auw Adhlima Auw Adhlama Auw Ajhala Auw yujhalaa Alayaa.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari jangan sampai aku sesat dan disesatkan, berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya, bodoh atau dibodohi.” [HR. Abu Dawud no. 5094 dan HR. Tirmidzi no. 3427].

Kini pertanyaannya adalah bolehkan membaca kedua doa keluar rumah ini secara bersamaan?

Untuk menjawab ini kita bisa mengutip jawaban dari Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin, yaitu: “Tidak masalah apabila seorang Muslim ingin membaca kedua doa keluar rumah ini secara bersamaan ketika ingin keluar rumah”.

Adab keluar rumah

1—Mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu dikarenakan memulai pekerjaan dan urusan diSunnahkan mendahulukan bagian kanan dari tubuh kita, begitupun ketika ingin keluar rumah sudah pasti kita melakukannya untuk tujuan yang bermanfaat bagi kita semua, oleh karenanya dahulukan kaki kanan.

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sendal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268).

2—Membaca doa keluar rumah, selain itu baca pula doa-doa keluar rumah yang sudah saya tuliskan lafadz beserta artinya di atas.

Baca juga doa masuk kamar mandi.

Bacaan doa ketika ingin masuk rumah

Doa Masuk Rumah Dan Doa Masuk Rumah Kosong
Kredit: Islami.co.

Memasuki rumah juga merupakan kegiatan yang sering kita lakukan setelah berpergian karena suatu urusan dan kembali ke rumah untuk melepaskan lelah setelah beraktivitas atau karena urusan lainnya. Maka ketika masuk rumah kita baca pula doa yang baik dan semoga Allah selalu membimbing kita semua.

Doa masuk rumah bahasa Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa masuk rumah latin

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaaArtinya:”Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal”. [HR. Abu Daud no. 5096].

Dan doa masuk rumah kosong

Jikalau yang diatas adalah doa untuk masuk rumah yang ada penghuninya, maka doa berikut adalah lafadz doa yang kosong atau tidak berpenghuni semisal kita ingin membeli rumah atau mengontrak rumah saat melakukan survei dirumah kosong itu maka bacalah doa masuk rumah kosong berikut ini.

Doa masuk rumah kosong bahasa Arab

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Doa masuk rumah kosong latin

Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin.

Artinya: “Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih.”

Bacaan doa masuk Masjid sesuai Sunnah Nabi.

Adab masuk rumah sesuai Sunnah

Ketika memasuki rumah disunnahkan untuk melakukan hal-hal berikut ini.

1—Ketuk pintu

Mengetuk pintu rumah dengan tidak keras ketika ingin memasuki rumah.

3—Menyebut nama Allah

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ

Artinya: “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya”. [HR. Muslim no. 2018].

2—Mengucap salam

Mengucap salam saat memasuki rumah sudah menjadi perintah dalam Islam, terdapat dalil dari Al Qur’an dan pula Hadits.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” [QS. An Nur: 61].

Adapun dalil hadits mengucap salam ketika ingin memasuki rumah adalah sebagai berikut.

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

“Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” [HR. Tirmidzi no. 2698].

4—Mendahulukan kaki kanan

Rasulullah amat menyukai mendahulukan yang kanan apabila ingin melakukan aktivitas oleh karenanya sebagai umatnya sudah sewajarnya kita mengikuti apa yang Nabi kita sukai karena sebaik-baiknya pemberi petunjuk adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dikarenakan segala yang ia tunjuki adalah dari Allah Azza Wa Jalla Sang Pemberi Petunjuk bagi manusia ciptaan-Nya.

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268).

Baca juga doa keluar rumah sesuai Sunnah Shahih.

Akhirul kalam

Itulah keseluruhan informasi mengenai doa ketika keluar rumah dan juga doa masuk rumah berikut adab ketika ingin keluar dan masuk rumah sesuai yang Allah dan Rasul-Nya ajarkan kepada kita. Jika artikel ini bermanfaat maka silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat siapa tahu mereka ingin pula mengetahuinya dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam AiTarus.Com di masa depan.

Tinggalkan komentar