Advertisements

Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi (WC) Sesuai Sunnah

Aitarus.com — Mandi merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan, dalam dunia kesehatan kita temukan beragam manfaat dari mandi. Dengan mandi seorang manusia akan menikmati banyak keuntungan bagi kesehatan dan juga penampilannya.

Menurut ilmu kesehatan dengan mandi kita akan menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, memudahkan pernafasan kita, meningkatkan kinerja sistem saraf dan otak, selain itu berguna juga untuk kekuatan tulang dan otot-otot tubuh kita.

Agama Islam memberi perhatian khusus terhadap urusan mandi, banyak ayat Al Qur’an dan Hadits Nabi menyerukan agar umat Islam menyucikan diri dengan mandi.

Dalam Al Qur’an:

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sungguh Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan dirinya”. (Q.S. Al-Baqarah/2: 222).

Dalam Al Hadits:

الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ

“Kesucian adalah bagian dari iman.” (Muslim, no. 223).

Bahkan disediakan pula doa untuk masuk dan keluar kamar mandi yang disunnahkan untuk dibaca oleh setiap umat Muslim ketika ingin masuk dan keluar kamar mandi.

Doa masuk kamar Mandi (WC)

Kita akan membahas lengkap mengenai doa masuk kamar mandi di bagian ini untuk memahami lebih dalam manfaat dari doa masuk kamar mandi ini.

Dalil untuk membaca doa masuk kamar mandi

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rasulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubusi  wal khabais”.

Artinya.

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.”(HR. Bukhari)

Kenapa kita harus berdoa saat ingin masuk kamar mandi?

Tentu saja untuk meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah saat berada di kamar mandi. Kita memohon penjagaan Allah dari kejahilan setan dan kecenderungan melakukan tindakan buruk saat berada di kamar mandi. Adapun doa untuk masuk kamar mandi adalah sebagai berikut.

Bacaan / lafadz doa masuk kamar mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan doa kamar mandi latin.