Doa Masuk Masjid

Doa adalah ibadah yang diperintahkan dalam Islam, setiap ingin memulai, saat menjalankan dan setelah usai melakukan sesuatu ada baiknya kita selalu berdoa meminta perlindungan, petunjuk, arahan dan pertolongan Allah Azza Wa Jalla. Dimana dengan begitu hidup dan aktivitas kita sehari-hari selalu penuh berkah, karena kita tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah Pemilik nyawa kita. Dan seorang Muslim yang baik akan selalu berdoa kepada Allah menandakan bahwa dirinya selalu ingat kepada Tuhan yang memberinya kehidupan dan segalanya.

Seperti halnya ketika ingin memasuki Masjid, disunnahkan juga kita membaca doa masuk Masjid agar semakin besar RahmatNya tercurah kepada kita saat melangkah ke dalam Masjid dimana kita akan beribadah, bersujud, bersimpuh dan memohon kepadaNya.

Doa masuk Masjid tidaklah panjang, terbilang pendek, namun penuh dengan kebaikan yang jiwa kita butuhkan yakni Rahmat dariNya. Dan memang kita membutuhkan RahmatNya selalu dan setiap saat. Dan Insya Allah kita selalu mendapatkan curahan Rahmat dari Allah, dengan memohon kepadaNya. Dan amalan doa memasuki Masjid sangatlah pendek, sehingga tidak akan berat sama sekali kita dapati untuk mengamalkannya setiap memasuki Masjid maupun Mushola untuk melaksanakan Sholat Wajib dan Sholat Sunnah setiap harinya.

Dan doa masuk Masjid ini adalah baik jika kita ajarkan kepada teman, anak-anak kita dan juga isteri agar mereka mendapatkan RahmatNya dan kita akan mendapatkan pahala kebaikan karena mengajarkannya. Tentu ini sebuah keberuntungan yang kita akan dapatkan tidak hanya di akhirat kelak namun juga di dunia ini.

Doa masuk Masjid sesuai sunnah Nabi Shahih

Masjid adalah tempat ibadah kepada Allah, merupakan “Rumah-Nya” dimana manusia datang kesitu semata-mata untuk beribadah, tentunya ini adalah tempat penuh berkah karena memang diperintahkan oleh Allah Ta’ala melalui nabiNya agar beribadah di dalamnya. Oleh karenanya kita dapat menyempurnakan keberadaan kita didalamnya dengan membaca doa masuk Masjid sebelum melangkah masuk kedalamnya. Yang Insya Allah akan memberikan keberkahan besar bagi kita. Adapun lafadz doanya adalah sebagai berikut.

Doa masuk Masjid bahasa Arab

 اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Doa masuk Masjid bahasa latin

Allahummaftahli abwaaba rahmatika”.

Doa masuk Masjid bahasa Indonesia

“Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu”.

Dalil doa Masuk Masjid ini adalah sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam adalah berikut ini.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka hendaknya dia membaca, “Allahummaftahli abwaaba rahmatika” (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu). [HR. Muslim 713].

Adab masuk dan di dalam Masjid

Setelah kita mengetahui doa ketika ingin masuk Masjid ada baiknya pula kita mengetahui adab yang perlu kita terlebih dahulu ditunaikan sebelum memasukinya.

Mengikhlaskan niat untuk ke Masjid

Agar kita meniatkan dalam hati dengan Ikhlas untuk pergi ke Masjid dan beribadah di sana karena Allah Azza Wa Jalla semata dan tidak untuk selainnya.

Keadaan diri dan pakaian suci dari hadats dan najis

Adalah penting untuk memastikan bahwa tubuh kita bersih dan suci dari hadats dan najis, oleh karenanya jika merasa tubuh dan pakaian kita terdapat kotoran dan najis maka mandi terlebih dahulu kemudian ganti dengan baju yang bersih sebelum masuk Masjid.

Berpakaian yang indah

Kita diperintahkan untuk memakai pakaian yang indah saat ingin ke Masjid sebagaimana perintah-Nya yang tertulis dalam QS. AI-A’raf: 31.

يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid”.

Matikan alat komunikasi

Ada baiknya sebelum masuk kedalam Masjid di non-aktifkan terlebih dahulu alat-alat komunikasi seperti handphone dan tablet agar tidak mengganggu kekhusyuan kita dalam beribadah dan juga orang lain yang berada di dalam Masjid.

Bersegera menuju Masjid

Masjid adalah tempat ibadah dimana banyak kebaikan ada didalamnya, dan sudah sepantasnya kita bersegera dalam meraih kebaikan dari Allah Ta’ala. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam.

Seandainya manusia mengetahui keutamaan shaf pertama, dan tidaklah mereka bisa mendapatinya kecuali dengan berundi niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui keutamaan bersegera menuju masjid niscaya mereka akan berlomba-lomba”[HR. Bukhari no 615].

Ber-wudhu

Setelah tubuh dan pakaian bersih dan suci, maka kita Wudhu sebelum memasuki Masjid, dimana kita ber-wudhu terlebih dahulu membersihkan berbagai organ tubuh yang memang harus dibersihkan dalam aktivitas Wudhu. Jika belum tahu caranya maka silahkan pelajari di cara Wudhu sesuai Sunnah Nabi.

Membaca doa masuk Masjid dan dahulukan kaki kanan

Setelah berwudhu, kini ketika ingin memasuki Masjid kita terlebih dahulu membaca doanya yang sudah tertulis di artikel ini, baca dengan penuh pengharapan dan penuh keikhlasan kepada Allah Ta’ala agar dikabulkan dan diberkahi hidup kita dan masuki Masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Adab saat berada dalam Masjid

Shalat Sunnah

Setelah berada di dalam Masjid, lakukan Shalat Sunnah Masjid sebanyak dua rakaat yang merupakan kebiasaan / Sunnah Nabi kita ketika masuk Masjid, yang sudah sepatutnya kita sebagai umatnya mengikuti sunnahnya karena sebaik-baik kebiasaan adalah kebiasaan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam.

Hening, banyak berdzikir dan khusyu’

Saat berada di dalam Masjid, sebelum atau setelah melaksanakan Shalat, ada baiknya terus mengingat Allah dengan berdzikir dan bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam. Karena ini merupakan tindakan yang sangat baik.

Dilarang keluar Masjid setelah Adzan kecuali ada alasan yang dibenarkan

Saat kita di dalam Masjid dan Adzan selesai dikumandangkan maka kita dilarang untuk meninggalkan Masjid, kecuali memang ada alasan yang dibenarkan, karena hal ini disabdakan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu salah seorang sahabat Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam.

كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَأَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ الْمَسْجِدِ يَمْشِي فَأَتْبَعَهُ أَبُو هُرَيْرَةَ بَصَرَهُ حَتَّى خَرَجَ مِنْ الْمَسْجِدِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Kami pernah duduk bersama Abu Hurairah dalam sebuah masjid. Kemudian muazin mengumandangkan azan. Lalu ada seorang laki-laki yang berdiri kemudian keluar masjid. Abu Hurairah melihat hal tersebut kemudian beliau berkata, “Perbuatan orang tersebut termasuk bermaksiat terhadap Abul Qasim (Nabi Muhammad) Shallallahu Alaihi Wasallam” [HR. Muslim no 655].

Larangan mengganggu orang lain di dalam Masjid

Jangan sekali-kali melakukan hal ini karena ini merupakan tindakan yang sangat tidak dibenarkan oleh agama. Biarlah orang-orang khusyu’ beribadah dan berdzikir kepada Allah tanpa gangguan apapun.

Bacaan juga doa keluar Masjid sesuai Sunnah Shahih.

Tidak lewat didepan orang yang sedang Shalat

Tindakan ini juga harus dihindari karena melewati didepan orang yang Shalat adalah dosa yang besar yang tidak dibenarkan oleh Syariat Islam kita, seperti yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَي الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ، لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِيْنَ، خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ

Seandainya orang yang lewat di depan orang yang shalat  mengetahui (dosa) yang ditanggungnya, niscaya ia memilih untuk berhenti selama 40 (tahun), itu lebih baik baginya daripada lewat di depan orang yang sedang  shalat”[HR Bukhari no 510 dan Muslim no 1132].

Jangan meludah di dalam Masjid

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam melarang kita meludah di dalam Masjid, dimana beliau bersabda.

الْبُزَاقُ فِي الْمَسْجِدِ خَطِيْئَةٌ وَكَفَّارَتُهَا دَفْنُهَا

Meludah di masjid adalah suatu dosa, dan kafarat (untuk diampuninya) adalah dengan menimbun ludah tersebut”[Shahih al-Bukhari no 40].

Adab ketika keluar Masjid

Setelah kita usai melaksanakan Ibadah kepada Rabb-nya manusia untuk kembali kepada aktivitas kita sehari-hari maka ada beberapa hal yang disunnahkan untuk dilakukan juga.

Keluar dengan kaki kiri

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada kita agar mendahulukan kaki kiri ketika keluar dari Masjid.

Doa keluar Masjid

Seperti ketika ingin masuk Masjid, saat keluar Masjid kita juga diajarkan untuk membaca doa, adapun doa keluar Masjid adalah sebagai berikut ini.

Doa keluar Masjid bahasa Arab

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Doa keluar Masjid latin

“Allahumma inni as-aluka min fadhlika”.

Doa keluar Masjid bahasa Indonesia

Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu”.

Dalilnya adalah Hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut ini.

وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Dan apabila keluar, hendaknya dia mengucapkan, “Allahumma inni as-aluka min fadhlika (Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu)”[HR. Muslim 713].

Baiklah saudara/saudari dalam iman Islam itulah keseluruhan tentang lafadz doa masuk Masjid dan doa keluar Masjid yang bisa anda praktekan dan amalkan bahkan ajarkan kepada siapa saya yang Insya’ Allah akan memberikan hujan berkah dan rahmat Allah kepada kita semua.

Tinggalkan komentar