Doa Penting Dalam Al Quran Yang Setiap Muslim Harus Ketahui

Doa merupakan sebuah bentuk ibadah dan juga salah satu bentuk ibadah termudah untuk menjalin hubungan dengan Allah Azza Wa Jalla. Demi mendapat berkah Allah Ta’ala sudah sewajarnya agar kita berdoa. Meskipun Sholat merupakan bentuk fundamental dari Ibadah, namun doa juga sebagai bentuk ibadah yang dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

Islam menyemangati kita untuk beroda sesuka hati dan hajat dalam ibadah-ibadah kita, seperti saat setelah Shalat Wajib, Sholat Sunnah, membaca Qur’an dan juga ibadah bentuk lainnya.

Ada banyak doa dari Al Qur’an yang dapat kita gunakan untuk memperkuat iman kita, kebanyakan doa-doa dari Al Qur’an ini adalah pernah dipanjatkan oleh para Nabi agung disaat mereka berdoa kepada Allah Ta’ala.

Sudah sewajarnya kita mengingat pula doa-doa ini dan berusaha menjadikannya sebagai amalan doa dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan keberkahan dari Allah Ta’ala. Setiap umat Islam sudah sewajarnya menyadari mengenai pentingnya berdoa sebagaimana dikemukakan dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam yakni:

 

« إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا »

Artinya:

“Sesungguhnya Tuhanmu amat pemurah dan pemalu. Jikalau hamba-Nya mengangkat kedua tangannya (Untuk berdoa) kepada-Nya, Dia malu jika hambanya kembali dengan tangan kosong”. [HR. Tirmidzi nomor 3556].

Dibawah ini kami akan membagikan sejumlah doa penting dari Al Qur’an Al Karim yang akan amat sangat membantu kita dalam mengarungi hidup kita sehari-hari.

  • Doa untuk mohon ampunan Allah Ta’ala: Allah adalah Ar-Rahman Ar-Raheem jikalau kita merasa pernah melakukan sebuah dosa, betapa besarnya dosa itu, pastikan memohon ampunan-Nya, maka kita akan dapat hidup damai dibawah naungan Rahmat-Nya. Panjatkan doa berikut untuk meneguk ampunan Allah..

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

 “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (Al Quran, 18:10).

  • Doa agar dibersihkan dari dosa: Sebagai manusia kita dikepung oleh hal-hal tercela seperti vulgaritas, ketelanjangan dan ambisi semu. Dan seringkali kita terjatuh pada hal-hal tercela ini, oleh karenanya panjatkan kepada Allah untuk membersihkan diri kita dan menjauhi kita dari fikiran-fikiran tidak bermanfaat yang muncul dikepala [Silahkan baca juga dosa besar berdasarkan penjelasan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam]. Inilah doanya.

رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

“Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.” (Al Quran, 3:193).

  • Doa untuk memperkuat iman: Dunia ini penuh dengan godaan dan hal-hal yang haram. Setan diberi kesempatan untuk merusak jiwa kita [Silahkan baca juga Rukun Iman]. Makanya kita harus melindungi iman kita, dan untuk itu, kita membutuhkan bantuan Allah dengan memanjatkan doa berikut ini.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

[Mereka berdoa], “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”. (Al Quran, 3:8).

  • Doa agar dijadikan orang yang diberi petunjuk: Mendapat surga bukan perkara mudah, terus memohon agar Allah menjadikan kita diantara orang-orang yang diberi petunjuk. Dan berusaha agar menjadi manusia yang lebih baik untuk mencapai tujuan itu. Lebih lanjut, ini adalah doa agar selalu diberi petunjuk Allah Ta’ala.

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

 “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu.” (Al Quran, 7:47).

  • Doa untuk mendapat istri dan anak soleh: Sering kita memanjatkan doa agar mendapatkan suami atau isteri yang baik, atau serupa dengannya agar kita dapat melahirkan anak-anak yang soleh dan solehah. Al Qur’an menjawab semua pertanyaan itu. Doa untuk mendapat istri dan anak yang baik adalah sebagai berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

 “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Quran, 25:74).

  • Doa diberi kemudahan saat sulit: Selalu meminta pertolongan Allah Azza Wa Jalla apapun situasinya baik saat senang dan sulit, baik itu kesulitan besar dan kecil. Panjatkan doa kepada Allah Azza Wa Jalla berikut ini.

رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Al Quran, 2:286).

  • Doa agar diberi kesabaran: Seringkali kita ceroboh dalam membuat keputusan, dan tidak memiliki kesabaran, kita lupa bahwa Allah amat mencintai orang-orang yang sabar sebagaimana diberitakan dalam Al Qur’an dimana Dia Firman: “Allah bersama orang-orang yang sabar”. Maka selalu bersabar dan panjatkan doa untuk mendapatkan kesabaran berikut ini.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

 “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (Al Quran, 2:250).

  • Doa kebaikan dunia dan akhirat: Sebagai seorang Muslim kita meyakini bahwa kita pasti akan mati dan akan dikumpulkan di hari penghakiman oleh Allah Ta’ala untuk mempertanggung-jawabkan amal baik dan buruk yang pernah kita lakukan di dunia ini. Maka panjatkanlah doa untuk kebaikan dunia dan akhirat berikut ini.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (Quran, 2:201).

Singkatnya, dalam memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala, maka semakin sering adalah semakin baik guna memohon Ampunan dan Bimbingan-Nya. Oleh karena itulah, doa menjadi hal “tambahan” setelah usai menunaikan Shalat, seorang Muslim harus sering berdoa kapanpun dan dalam situasi apapun, terlebih disaat sulit dan senang.

Dan bagi Allah doa merupakan sesuatu yang penting dan besar, ini bukan perkara main-main, seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam berikut ini.

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a.” [HR. Tirmidzi no. 3370].

Dan apabila kita memanjatkan doa maka yakinlah bahwa Allah Ta’ala akan mengabulkannya dan pastikan hati kita tidak lalai akan hal itu.

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” [HR. Tirmidzi no. 3479].

Akhirul kalam

Itulah kumpulan doa-doa penting dalam Al Qur’an yang dapat kita amalkan setiap harinya untuk menjalani hidup dan kegiatan sehari-hari agar kita selalu mengingat-Nya dan sadar bahwa diri kita hanyalah hamba yang selalu membutuhkan pertolongan dan bimbingan-Nya. Jika rekan mendapati artikel ini bermanfaat maka silahkan bagikan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat siapa tahu mereka juga membutuhkannya dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah dari AiTarus.Com berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar