Doa Untuk Orang Sakit Berdasarkan Al Qur’an Dan Sunnah

Umat Islam diajari untuk memahami bahwa manusia adalah tidak berdaya, lemah dan cenderung jatuh sakit. Kita sakit pada satu saat, sebagian dari kita menderita penyakit lebih parah dibanding yang lainnya. Meskipun dunia medis modern sekarang ini banyak meraih terobosan untuk mencegah pula menyembuhkan penyakit, namun banyak dari kita merasa nyaman dengan berdoa bersamaan dengan menjalani proses medis.

Sedangkan umat Islam melihat penyakit bukan sebagai hukuman dari Allah, melainkan sebagai ujian dan pembersihan dari dosa-dosa. Apakah kita akan tetap beriman meskipun dalam kondisi kesehatan buruk? Apakah kita menganggap penyakit sebagai petaka, atau kesempatan untuk kembali kepada Allah demi memohon ampunan dan kesembuhan?

Jangan lupa untuk pula mempelajari mengenai bacaan doa bercermin.

Umat Muslim dapat memanjatkan doa secara pribadi dalam bahasa apapun, namun ada doa-doa untuk orang sakit dalam tradisi Islam yang umum dipanjatkan.

Doa untuk orang sakit

Berikut adalah doa untuk orang sakit dari Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam untuk anda amalkan.

Do untuk orang sakit dalam Al Qur’an

Ini merupakan doa saat sakit yang dibaca oleh Nabi yang diabadikan dalam Al Qur’an Al Karim.

Doa Nabi Ayub Alaihissalam

Ini adalah doa nabi Ayub Alaihissalam saat beliau menderita sakit amat berat dan diabadikan kisahnya oleh Al Qur’an Al Karim.

Doa untuk orang sakit Nabi Ayub

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Doa untuk orang sakit nabi Ayub Latin

Wa Ayyu Ba Idz Naa Da Yaa Robbahu Annii Masaniya Dhuru Wa Anta Ar Hamu RRohimiina.

Arti doa untuk orang sakit nabi Ayub

Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. [Al Anbiya (83): 83].

Doa untuk orang sakit berdasarkan Sunnah

Setiap kali generasi awal umat Islam sakit, mereka langsung mencari nasihat dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam. Maka Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam akan membacakan salah satu dari keempat doa untuk orang sakit ini kepada mereka.

#1—Doa untuk orang sakit I

Amat dianjurkan untuk menyentuh bagian yang sakit dengan tangan kanan disaat memanjatkan doa untuk orang sakit ini.

Allahuma rabbi-nas adhhabal ba’sa, ashfi wa entashafi, la shifa’ illa shifa’uka shifa’ la yughadiru saqama.

Ya Allah! Sang Pemelihara umat Manusia. Hapuskanlah penyakit, sembuhkanlah penyakit. Hanya Dirimulah yang dapat menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan melainkan dari-Mu. Berikanlah kami kesembuhan yang tiada lagi penyakit.

#2—Doa untuk orang sakit II

Baca doa ini sebanyak tujuh kali.

‘As’alu Allah al ‘azim rabbil ‘arshil azim an yashifika.

Aku memohon kepada Allah, Sang Maha Perkasa, Tuhan Dari Singgasana Yang Besar, Untuk Menyembuhkanmu.

#3—Doa untuk orang sakit III

Baca juga doa lainnya dari Sunnah.

Rabbana ‘atinaa fid dunyaa hasanat wafil aakhirati hasana taw wa qinaa azaaban naar.

Ya Allah! Tuhan kami dan pemelihara kami, berikanlah kami kebaikan dunia dan kebaikan akhirata, dan selamatkanlah kami dari Api Jahanam (Neraka).

#4—Doa untuk orang sakit IV

Do ini seharusnya dibaca saat sakit. Baca doa ini untuk orang sakit dan taruh tangan kanannya di bagian yang sakit kemudian membaca “Bismillah” dan diulangi sebanyak tiga kali, dan kemudian baca doa berikut ini sebanyak tujuh kali.

A’oozu bi’izzatillaahi wa qudratihi min sharri maa ajidu wa uhaaziru.

Aku memohon perlindungan kepada Allah Yang Maha Perkasa dan Kekuasaan-Nya dari berbagai kejahatan yang kualami dan kutakuti.

Baca juga mengenai bacaan doa turun hujan.

Akhirul Kalam

Akhirnya, betapapun besar penyakit dialami, seorang Muslim seharusnya tidak berharap mati atau ingin bunuh diri. Lebih baik, ikuti nasihat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam kepada umatnya berikut ini.

Tidak seharusnya kalian berharap mati karena petaka yang dideritanya, namun jikalau ia berharap mati, maka sebaiknya ia berkata: “Oh Allah! Panjangkanlah hidupku apabila hidup baik bagiku, dan wafatkanlah diriku apabila kematian baik bagiku”.

Semoga Allah mengangkat penyakit yang diderita oleh seluruh saudari dan saudari seiman dalam Islam dan mengampuni seluruh dosa dan salah yang pernah mereka lakukan baik sengaja maupun tidak disengaja, Aaamiiin Allahum Aaamiiin.

Dan silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat mengenai artikel doa orang sakit berdasarkan Al Qur’an Al Karim dan Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam ini siapa tahu mereka membutuhkannya dan semoga memberikan manfaat kepada anda dan keluarga dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar