Inilah 10 Hal Yang Membatalkan Puasa Maka Jauhilah!

Paket Umroh Akhir Tahun

Berikut adalah hal-hal yang membatalkan puasa, sudahkah anda tahu bahwa puasa anda langsung batal jika melakukan salah satu dari sejumlah hal berikut ini.

Jika seseorang berpuasa hendaklah menjauhkan dirinya untuk melakukan hal-hal yang membatalkan puasa berikut ini agar puasanya lulus hingga waktu berbuka. Tentu kita ingin puasa kita sempurna hingga datangnya waktu berbuka tanpa melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengotorinya apalagi membatalkannya agar kita semua mendapatkan pahala dan Ridho Allah Azza Wa Jalla….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin.

Dan agama Islam telah menjelaskan dengan rinci dan detail mengenai hal-hal yang dapat membatalkan jalannya puasa kita, oleh karenanya kita dapat menjadikannya sebagai rujukan untuk menjauhinya agar puasa kita tetap sah.

Untuk itu artikel ini akan membahas secara lengkap hal-hal yang penting untuk dihindari selama menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa Ramadhan maupun puasa Sunnah lainnya. Semoga memberikan manfaat kepada kita kaum Muslimin.

10 hal yang membatalkan puasa Ramadhan

Berikut adalah sepuluh hal yang membatalkan puasa dilihat dari berbagai segi yakni yang berhubungan dengan konsumsi, berhubungan dengan masalah seksual, kesehatan, akidah dan kejiwaan. Silahkan dipelajari untuk menambah wawasan yang Insya Allah bermanfaat bagi kita semua.

Hal yang membatalkan puasa yang berhubungan dengan mengkonsumsi

1. Makan dan minum dengan sengaja. Puasa adalah aktivitas menahan lapar dan haus dari dimulai waktu Subuh hingga berbuka. Jika seseorang dengan sengaja makan atau minum saat waktu berpuasa maka dia telah membatalkan puasanya.

2. Memasukan obat. Memasukan obat baik itu berupa obat pada (Pil, tablet dan kapsul) maupun cair untuk pengobatan maka telah membatalkan puasa.

3. Merokok. Saat berpuasa dilarang merokok, jika seseorang yang berpuasa merokok, maka membatalkan puasanya.

Hal membatalkan puasa berhubungan dengan masalah seksual

4. Masturbasi / onani. Jika seseorang melakukan masturbasi hingga keluar sperma saat berpuasa, maka dirinya telah membatalkan puasa pada hari tersebut. Namun jika tidak keluar air mani / sperma maka puasanya tetap sah. Sedangkan bagi mereka yang mimpi basah, dan keluar mani, maka ini kasus yang berbeda dan puasa orang yang mimpi basah tersebut tetap sah atau tidak batal.

5. Berhubungan seksual dengan pasangan. Jika suami atau istri dengan sengaja melakukan hubungan suami-istri saat berpuasa maka puasanya batal.

Hal membatalkan puasa berhubungan dengan kesehatan

6. Muntah dengan sengaja. Jika seseorang memuntahkan makanan atau sesuatu didalam perutnya dengan sengaja selama waktu puasa, maka dirinya telah membatalkan puasa.

7. Menstruasi dan nifas. Jika seorang wanita mendapat menstruasi dan nifas saat berpuasa, maka puasanya langsung batal.

8. Mengeluarkan darah dengan sengaja. Seperti bekam dan donor darah yaitu darah yang keluar dalam jumlah besar maka membatalkan puasa.

Hal membatalkan puasa berhubungan dengan akidah

9. Murtad. Jika seseorang murtad / keluar dari agama Islam saat dirinya berpuasa, maka tentu saja puasanya batal beserta keimanannya.

Hal membatalkan puasa berhubungan dengan kejiwaan

10. Menjadi gila. Jika seseorang saat berpuasa karena satu dan lain hal dirinya menjadi gila, maka puasanya batal.

Maka jangan lakukan salah satu dari 10 hal yang membatalkan puasa anda, apalagi di point 9 Nauzubillah Min Zalik jangan sampai terjadi.

Allah telah memerintahkan orang berpuasa agar sebaik mungkin, oleh karenanya orang tersebut seharusnya tidak merusak apalagi membatalkan puasanya dengan melakukan tindakan yang mengurangi kebaikan puasanya bahkan membatalkan puasanya.

Secara garis besar terdapat 10 hal yang membatalkan puasa seperti yang telah terdaftar diatas.

Sebagian hal yang membatalkan puasa melibatkan hal yang keluar dari tubuh kita seperti hubungan seksual, dengan sengaja muntah, menstruasi dan mengeluarkan darah. Hal-hal ini jika terjadi akan melemahkan tubuh. Oleh karena itulah Allah menetapkan bahwa hal-hal tersebut termasuk hal yang membatalkan puasa, oleh karenanya seorang yang berpuasa tidak seharusnya menggabungkan kelemahan-kelemahan karena akibat puasa dan kelemahan-kelemahan akibat dari hal-hal itu, oleh karenanya hal-hal itu termasuk hal yang membatalkan puasa.

Dan hal kedua adalah hal yang membatalkan puasa adalah yang masuk ke dalam tubuh seperti makan dan minum. Jikalau seorang yang berpuasa makan atau minum, makan dia tidak mencapai tujuan dari puasa itu sendiri, yakni menahan lapar dan haus.

Allah telah memberikan intisari mengenai hal-hal yang membatalkan puasa dalam sebuah ayat suci Al Qur’an dimana Allah Azza Wa Jalla berfirman sebagai berikut.

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa”. [al-Baqarah 2:187].

Pada ayat ini Allah Ta’ala menyebutkan bahwa hal-hal utama yang membatalkan puasa adalah makan, minum dan berhubungan seksual (Suami dan Isteri). Hal-hal yang lainnya yang juga membatalkan puasa disebutkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam melalui Sunnahnya.

Dalil untuk berpuasa

Seperti kita ketahui bahwa puasa merupakan salah satu rukun Islam yang merupakan pilar dari agama Islam. Dan diperintahkan Allah bagi orang-orang beriman agar bertaqwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (Al Baqarah (2):183).

Dan berpuasa akan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik karena tujuan utama dari puasa adalah bertaqwa seperti tertulis dalam Surat Al Baqarah ini.

Baca juga niat Puasa Ramadhan dan tata cara Shalat Tarawih.

Akhirul Kalam

Semoga 10 hal yang membatalkan puasa ini bermanfaat untuk kita semua dan sebaiknya dijauhkan agar tidak membatalkan puasa anda. Dan silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat mengenai informasi ini siapa tahu mereka membutuhkannya.

Dan seperti biasa saya ucapkan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa yang akan datang.

Tinggalkan komentar