Advertisements

Inilah 10 Hal Yang Membatalkan Puasa Maka Jauhilah!

Aitarus.com — Berikut adalah hal-hal yang membatalkan puasa, sudahkah anda tahu bahwa puasa anda langsung batal jika melakukan salah satu dari sejumlah hal berikut ini.

Jika seseorang berpuasa hendaklah menjauhkan dirinya untuk melakukan hal-hal yang membatalkan puasa berikut ini agar puasanya lulus hingga waktu berbuka. Tentu kita ingin puasa kita sempurna hingga datangnya waktu berbuka tanpa melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengotorinya apalagi membatalkannya agar kita semua mendapatkan pahala dan Ridho Allah Azza Wa Jalla….Aamiin Allahumma Aamiin.

Dan agama Islam telah menjelaskan dengan rinci dan detail mengenai hal-hal yang dapat membatalkan jalannya puasa kita, oleh karenanya kita dapat menjadikannya sebagai rujukan untuk menjauhinya agar puasa kita tetap sah.

Untuk itu artikel ini akan membahas secara lengkap hal-hal yang penting untuk dihindari selama menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa Ramadhan maupun puasa Sunnah lainnya. Semoga memberikan manfaat kepada kita kaum Muslimin.

10 hal yang membatalkan puasa Ramadhan

Berikut adalah sepuluh hal yang membatalkan puasa dilihat dari berbagai segi yakni yang berhubungan dengan konsumsi, berhubungan dengan masalah seksual, kesehatan, akidah dan kejiwaan. Silahkan dipelajari untuk menambah wawasan yang Insya Allah bermanfaat bagi kita semua.

Hal yang membatalkan puasa yang berhubungan dengan mengkonsumsi

1. Makan dan minum dengan sengaja. Puasa adalah aktivitas menahan lapar dan haus dari dimulai waktu Subuh hingga berbuka. Jika seseorang dengan sengaja makan atau minum saat waktu berpuasa maka dia telah membatalkan puasanya.

2. Memasukan obat. Memasukan obat baik itu berupa obat pada (Pil, tablet dan kapsul) maupun cair untuk pengobatan maka telah membatalkan puasa.

3. Merokok. Saat berpuasa dilarang merokok, jika seseorang yang berpuasa merokok, maka membatalkan puasanya.

Hal membatalkan puasa berhubungan dengan masalah seksual

4. Masturbasi / onani. Jika seseorang melakukan masturbasi hingga keluar sperma saat berpuasa, maka dirinya telah membatalkan puasa pada hari tersebut. Namun jika tidak keluar air mani / sperma maka puasanya tetap sah. Sedangkan bagi mereka yang mimpi basah, dan keluar mani, maka ini kasus yang berbeda dan puasa orang yang mimpi basah tersebut tetap sah atau tidak batal.