Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019

Hari pertama Ramadhan ditandai oleh terlihatnya bulan sabit dengan mata telanjang, dan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam.

Dan di tahun 2019 ini Ramadhan jatuh pada tanggal 6 Mei, hari Senin karena bulan Sabit muda baru terbentuk pada hari Minggu, 5 Mei, sehingga bulan Ramadhan jatuh pada hari berikutnya yakni tanggal 6 Mei.

Jadi tinggal menghitung hari, yang tentunya tidak lama lagi untuk kedatangan bulan terbaik dalam Kalender Islam dimana diturunkannya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam.

Siapkah kita untuk menyambut dan menunaikan ibadah puasa yang amat besar pahalanya ini? Insya Allah siap. Dan salah satu kesiapan yang juga penting kita miliki adalah memiliki jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 ini. Dengan jadwal kita akan teratur mengikuti alur ibadah selama sebulan penuh ini.

Dan terdapat perbedaan waktu Imsakiyah di sejumlah wilayah di Indonesia, dimana Indonesia terbagi menjadi beberapa zona waktu berbeda berdasarkan wilayah seperti WIB, WIT dan WITA.

Dan di artikel ini rekan semua akan mendapatkan jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 lengkap untuk seluruh wilayah di Indonesia yang Insya Allah akan membantu dalam menunaikan ibadah selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Puasa Ramadhan.

Selain jadwal Imsakiyah, disediakan pula jadwal Shalat 5 waktu dan waktu Shalat Dhuha yang akan semakin membantu untuk memperbanyak Ibadah kita.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 seluruh Indonesia

Keterangan:

  • Pada bagian Pilih Kota klik tanda panah kebawah anda akan dapati daftar kota, pilih kota dimana anda berdomisili.

Karena akan masuk Ramadhan, maka pastikan anda mengetahui juga mengenai informasi seputar Zakat Fitrah.

Sebagai tambahan informasi

Apa itu Imsak?

Imsak merupakan serapan bahasa Arab yang berasal dari kalimat amsaka yumsiku imsak yang artinya adalah menahan. Dan waktu Imsak berarti dimulainya saat untuk menahan seluruh hal yang dapat membatalkan puasa.

Namun arti di atas di salah artikan bahwa ketika datang waktu Imsak berarti harus berhenti makan dan minum. Anggapan itu tidaklah benar. Karena berhenti makan dan minum hanya berlaku waktu Shaum (Puasa) yang dimulai saat Fajar Shodiq atau saat Adzan Subuh bukan di waktu Imsak.

Meskipun Imsak berarti menahan dari hal yang membatalkan puasa, seperti halnya definisi dari puasa, namun perbedaannya adalah waktu Imsak bukanlah termasuk kedalam waktu Puasa. Karena masuknya waktu menjalankan puasa adalah saat Adzan Subuh.

Imsak merupakan peringatan untuk tidak melakukan hal yang dapat membatalkan puasa, bukan berhenti makan dan minum. Karena waktu Imsak muncul sebelum waktu Subuh dan belum masuk kedalam waktu terbitnya Fajar. Karenanya masih diperbolehkan makan dan minum.

Ini berdasarkan hadits.

,โ€Janganlah adzan Bilal mencegah dari sahur kamu, karena dia menyerukan adzan pada malam hari. Makan minumlah kamu hingga kamu mendengar adzan Ibnu Ummi Maktum, karena dia tidak menyerukan adzan hingga terbit fajar.โ€ (HR Bukhari, Muslim, Nasa`i, Ahmad, Ibnu Hibban, dan Ibnu Khuzaimah).

Keterangan: Di zaman nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam terdapat dua adzan yakni Adzan Bilal dimaksudkan untuk membangunkan orang agar Shalat Sunnah malam (Shalat Tahajud) dan makan Sahur, dan Adzan kedua oleh Ummi Maktum yakni untuk menunaikan Shalat Subuh. Saat itu Rasulullah biasa menyantap Sahur setelah adzan Bilal kemudian berhenti disaat sepuluh menit sebelum Adzan Ummi Maktum untuk melaksanakan Shalat Sunnah dua rakaat. (Sumber).

Jadi sebelum masuknya waktu Fajar Shadiq / awal masuknya waktu Subuh maka dibolehkan untuk makan dan minum bagi kaum Muslim.

Insya Allah informasi jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2019 membawa manfaat bagi kita semua dan silahkan beritahukan kepada keluarga dan teman mengenai jadwal ini dan sampai jumpa lagi di posting-posting saya selanjutnya.

Satu pemikiran pada “Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019”

Tinggalkan komentar