Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi Dan Tandanya

Kapan Malam Lailatul Qadar
  • Advertisements

  • Alhamdulillah kita sudah dibulan Ramadhan, ibadah yang kita lakukan dilipat-gandakan pahalanya, dan banyak ampunan yang Allah berikan kepada kita semua di bulan ini.

    Bulan Ramadhan penuh keutamaan dan keberkahan salah satu diantaranya adalah Lailatul Qadar dimana pada malam ini diturunkannya Al Qur’an dan jauh lebih baik daripada 1000 bulan.

    Keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa

    Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga terakhir dari bulan Ramadhan, tepatnya pada satu malam yang telah Allah muliakan dibandingkan malam-malam lain.

    Kemuliaan Lailatul Qadar begitu banyak kebaikan Allah sematkan kepadanya. Diantara kemuliaan itu adalah sebagai berikut.

    إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

    “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” [al-Dukhan 44:3].

    Keterangan: Malam yang diberkahi dari ayat ini adalah Lailatul Qadar seperti tafsiran yang kita temui pada Surat Al Qadr (97). Dimana Allah Ta’ala bersabda.

    إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97] : 1)

    Sedangkan penjelasan mengenai kemuliaan dan keberkahan dari Lailatul Qadar dapat dibaca pada ayat selanjutnya.

    لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

    “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5).

    Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi?

    Perlu diketahui bahwa Lailatul Qadar muncul pada sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan, hal ini seperti yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

    تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

    “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

    Adapun yang perlu kita ingat bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil dan hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

    تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

    “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

    Nah untuk lebih spesifikasi dan akurat mengenai kapan jatuhnya Lailatul Qadar adalah tujuh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana Hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar (Radhiyallahu Anhu).

    الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

    “Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.” (HR. Muslim).

    Ibnu Hajar pada Fathul Bari menjelaskan bahwa Lailatul Qadar muncul pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan, dan waktunya selalu berbeda setiap tahunnya. Misalkan jika pada tahun ini Lailatul Qadar jatuh pada malam kedua puluh lima, bisa jadi tahun depan jatuh pada malam kedua puluh tujuh, semuanya tergantung kehendak Allah Azza Wa Jalla penentu segalanya.

    الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى تَاسِعَةٍ تَبْقَى ، فِى سَابِعَةٍ تَبْقَى ، فِى خَامِسَةٍ تَبْقَى

    “Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa.” (HR. Bukhari)

    Catatan: Adapun hikmah disembunyikannya informasi mengenai kapan Lailatul Qadar terjadi diantaranya adalah adalah agar tampak jelas perbedaan orang yang bersungguh-sungguh mencari malam Lailatul Qadar dan orang yang malas.

    Ini dikarenakan mereka yang ingin mendapatkannya tentu akan bersungguh-sungguh mengejarnya. Dan Lailatul Qadar juga merupakan Rahmat Allah kepada hamba, agar hamba perbanyak amalan pada hari-hari yang dipercayai turun Lailatul Qadar agar semakin dekat padanya dan memperoleh pahala yang amat banyak.

    Baca juga Keutamaan bulan Ramadhan.

    Tanda Malam Lailatul Qadar

    Berikut ini adalah tanda-tanda yang ditemui pada malam Lailatul Qadar

    [1] Anda akan dapati udara beserta angin terasa tenang dan nyaman, seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu.

    لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

    “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi. Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqah /terpercaya)

    [2] Anda akan dapati ketenangan dan merasakan bahwa ibadah anda membawa kelezatan yang tidak ditemui pada hari-hari biasanya.

    [3] Ada sebagian manusia yang dapat melihat malam Lailatul Qadar ini seperti yang terjadi pada sebagian sahabat.

    [4] Pagi yang malamnya turun Lailatul Qadar akan terasa jernih tanpa sinar. Seperti yang di utarakan oleh Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda; ”Shubuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim) (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/149-150).

    Baca juga tata cara Shalat Tarawih beserta Niat.

    Jadi tepatnya kapan malam Lailatul Qadar?

    Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yakni sembilan, tujuh dan lima malam yang tersisa. Seperti hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut ini.

    “Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa.” (HR. Bukhari).

    Semoga bermanfaat mengenai informasi keutamaan Lailatul Qadar, kapan malam Lailatul Qadar terjadi, dan tanda malam Lailatul Qadar, dan silahkan di kejar malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini.

    Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam kami selanjutnya di masa datang.


    Tinggalkan komentar