Advertisements

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi Dan Tandanya

Aitarus.com — Alhamdulillah kita sudah dibulan Ramadhan, ibadah yang kita lakukan dilipat-gandakan pahalanya, dan banyak ampunan yang Allah berikan kepada kita semua di bulan ini.

Bulan Ramadhan penuh keutamaan dan keberkahan salah satu diantaranya adalah Lailatul Qadar dimana pada malam ini diturunkannya Al Qur’an dan jauh lebih baik daripada 1000 bulan.

Keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa

Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga terakhir dari bulan Ramadhan, tepatnya pada satu malam yang telah Allah muliakan dibandingkan malam-malam lain.

Kemuliaan Lailatul Qadar begitu banyak kebaikan Allah sematkan kepadanya. Diantara kemuliaan itu adalah sebagai berikut.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” [al-Dukhan 44:3].

Keterangan: Malam yang diberkahi dari ayat ini adalah Lailatul Qadar seperti tafsiran yang kita temui pada Surat Al Qadr (97). Dimana Allah Ta’ala bersabda.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97] : 1)

Sedangkan penjelasan mengenai kemuliaan dan keberkahan dari Lailatul Qadar dapat dibaca pada ayat selanjutnya.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5).

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi?

Perlu diketahui bahwa Lailatul Qadar muncul pada sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan, hal ini seperti yang disabdakan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

Adapun yang perlu kita ingat bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil dan hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).