Advertisements

Keutamaan Bulan Ramadhan

Aitarus.com — Ramadhan adalah salah satu dari nama dua bulan dalam penanggalan Hijriah. Ini adalah bulan yang amat dimuliakan dalam agama Islam, dan ini adalah bulan yang dibedakan dari semua bulan lain dikarenakan sejumlah hal yang membuat bulan Ramadhan begitu utama.

Adapun keutamaan dari bulan Ramadhan adalah bisa kita temui dalam Al Qur’an dan juga Al Hadits, silahkan disimak agar kita semua begitu pentingnya bulan Ramadhan bagi kita.

Keutamaan bulan Ramadhan

1—Puasa dibulan Ramadhan dijadikan sebagai salah satu rukun Islam yakni rukun ke-empat

Sebagaimana firman Allah Ta’ala sabdakan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu”. [al-Baqarah 2:185].

Diriwayatkan dalam al-Sheehan (Lihat al-Muslim, 16 dan al-Bukhari, 8) dari Hadits Ibnu Umar menjelaskan bahwa Rasulullah (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) bersabda: “Islam dibangun diatas lima rukun: (1) Bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah; (2) Mendirikan Shalat; (3) Membayar Zakat; (4) Puasa Ramadhan; (5) Haji ke tanah suci (Ka’bah).”

Silahkan baca juga keutamaan Sahur.

2—Allah menurunkan Al Qur’an pada bulan Ramadhan ini

Seperti yang difirmankan Allah pada ayat Al Baqarah 185 yang telah bersama kita baca diatas.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”[al-Baqarah 2:185].

Dan Allah juga bersabda pada ayat lainnya sebagai berikut:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” [al-Qadr 97:1].

3-–-Allah menetapkan Lailatul Qadar pada bulan ini

Yakni malam kemuliaan yang lebih dari pada seribu bulan, seperti yang tertulis pada ayat:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” [al-Qadr 97:1].

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” [al-Dukhan 44:3].

Allah telah memberkahi Ramadhan dengan Lailatul Qadar. Untuk menjelaskan kemuliaan dari malam ini maka Surat Al Qadar diwahyukan, dan ada banyak hadits lainnya yang juga menjelaskan hal yang sama, salah satunnya adalah Hadits dari Abu Hurairah (Radhiyallahu Anhu) yang bersabda:

“Rasulullah (Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sallam) bersabda: “Telah datang kepada kalian Ramadhan, sebuah bulan penuh berkah dimana Allah memerintahkan untuk berpuasa, dan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, dan para iblis pemberontak dibelenggu. Dan di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik daripada seribu bulan.” (Diriwayatkan oleh Al-Nasaa’i no.2106, Ahmad no.8769).

Dan Abu Hurairah (Radiyallahu Anhu) bersabda: Rasulullah (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901 & Muslim no.760).

4—Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai ajang menghapus dosa

Seperti yang telah disebutkan dalam al-Sahihain (al-Bukhaari, 2014; Muslim, 760) dari Hadits Abu Hurairah dimana Nabi (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”.

Dan al-Bukhari (2008) dan Muslim (174) diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi (Shallallahu Alihi Wa Sallam) bersabda:

“Barangsiapa yang menghabiskan malam Ramadhan dengan shalat karena iman dan berharap pahala, maka dosa-dosa telah lalu akan diampuni.”