Keutamaan Dan Keberkahan Sahur

Aitarus.com — Sadarlah bahwa Sahur penuh keutamaan dan keberkahan, oleh karenanya bersahurlah karena melakukan hal ini amat dianjurkan karena memang begitu banyak manfaat yang akan diperoleh orang yang melakukan Sahur.

Silahkan baca artikel berikut untuk memahami apakah keutamaan dan keberkahan Sahur bagi orang yang berpuasa dan apakah orang yang tidak berpuasa juga akan mendapatkan keberkahannya jika mereka Sahur meskipun tidak puasa?

Silahkan baca tanya jawab berikut ini dan Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Allahumma Aamiin.

Pertanyaan:

Assalamualaikum saya ingin tahu apakah keutamaan dan keberkahan Sahur seperti yang disabdakan oleh nabi kita Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa ala alihi wa sallam berikut ini: ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala dan para Malaikat mendoakan kepada orang yang sahur’.

Dari hadits ini disebutkan bahwa makan sahur menjadikan orang tersebut didoakan Allah dan para malaikatNya, lalu apakah keutamaan dan keberkahan sahur hanya untuk orang yang ingin melaksanakan puasa atau setiap hari dianjurkan bersahur meskipun tidak puasa?

Jawaban:

Segala puji hanya kepada Allah

Sahur adalah aktivitas makan dan minum yang dilakukan seseorang di akhir malam. Penyebab dinamakan sebagai Sahur dikarenakan dikonsumsi pada waktu sahur yakni di waktu akhir malam. (Lisaan al-‘Arab 4/351).

Keutamaan dan keberkahan Sahur

Terdapat sejumlah keutamaan dan kebaikan dalam Sahur, seperti yang diungkapkan oleh baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Sallam yakni:

Makan Sahurlah kalian, karena di dalam sahur terdapat keberkahan.”(HR. Bukhari No.1924 dan Muslim 1095).

Nabi Muhammad juga bersabda:

Yang membedakan antara puasa kita dan puasa para ahli kitab adalah makan sebelum fajar (Sahur).” (Hr. Muslim 1096).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga menjelaskan:

Sesungguhnya Allah Yang Maha Agung beserta malaikatNya mendoakan mereka yang makan Sahur.” (Hr. Ahmad 11086, diklasifikasikan sebagai hadits Shahih oleh al-Musnad).

Tinggalkan komentar