Advertisements

8 Keutamaan Dan Kebaikan Shalat Berjamaah Di Masjid

Shalat lima waktu adalah perkara wajib karena termasuk sebagai tiang agama yang memang harus ditunaikan, kita sebagai umat Islam sudah seharusnya mendirikan Shalat setiap harinya secara teratur. Akan tetapi sudahkah kita tahu bahwa sebaik-baiknya melaksanakan Shalat adalah berjamaah di Masjid? Dan tahukah anda meninggalkan Shalat bisa kafir? (<—-Silahkan baca posting ini).

Untuk hal itu mari kita baca 8 keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid yang tentunya akan membawa kita menjadi seorang Muslim yang lebih baik dan mengikuti Sunnah Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

8 keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid

Tentu kita harus tahu kenapa dan apa yang didapat jika kita melaksanakan Shalat berjamaah dan berhenti Shalat sendiri di rumah, tentu belum banyak yang tahu keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid maka silahkan dibaca penjelasan lengkap dan detailnya berikut ini.

Delapan alasan untuk berhenti Shalat dirumah dan mulai Shalat di Masjid

Ada begitu banyak kebaikan pada melaksanakan Shalat secara berjamaah dan Nabi Muhammad ﷺ amat menekankan keutamaan dalam banyak kesempatan dan pernyataan. Dan ini adalah enam alasan kenapa setiap saudara Muslim dalam Iman Islam seharusnya berhenti shalat di rumah dan mulai melakukan Shalat di Masjid.

1. Pahala dua puluh tujuh kali

Nabi Muhammad ﷺ memberitahukan dalam hadits otentik bahwa pahala melaksanakan Shalat secara berjamaah jauh lebih besar dibandingkan Shalat sendiri yaitu lebih besar dua puluh tujuh kali.

صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

”Shalat jamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dibandingkan shalat sendirian”. (HR. Bukhari).

Hadits lain menjelaskan bahwa pahalanya adalah dua puluh lima kali lebih besar. Berapapun pahala yang didapat, tetap saja Shalat berjamaah di Masjid jauh lebih besar keutamaannya.

2. Para Malaikat akan mendoakan kita

Dalam sebuah narasi yang luar biasa dari Nabi Muhammad ﷺ, beliau bersabda bahwa para malaikat akan selalu mendoakan mereka yang tetap pada posisi Shalatnya selama ia tetap dalam Wudhunya.

Rasulullah ﷺ bersabda;

“Para malaikat mendoakan salah seorang dari kalian sejauh ia tetap pada tempat Shalatnya dalam keadaan Wudhu’. Mereka (Para Malaikat) berkata: “Oh Allah! Ampunilah dia, Oh Allah! Ampunilah dirinya”. [Sahih Al Bukhari].

3. Sebagian ulama mewajibkan shalat berjamaah di Masjid

Setelah memerintahkan kepada kita untuk mendirikan Shalat, di dalam Al Qur’an, Allah secara khusus Berfirman:

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٲكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 43).

Yang “ruku’ bersama atau beserta orang-orang yang ruku’”. Banyak ulama besar memahami ayat ini adalah Shalat Jamaah adalah wajib bagi setiap Muslim lelaki. Meskipun tidak semua ulama berpegang pada pandangan ini, namun mengatakan bahwa hal ini merupakan Sunnah yang amat ditekankan, namun hal ini seharusnya cukup untuk menyemangati kita untuk semakin bergiat Shalat Berjamaah di Masjid”.

4. Membebaskan kita dari kemunafikan

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam memperingatkan khususnya kepada kita bahwa Shalat paling berat bagi orang Munafik adalah Shalat berjamaah Isya’ dan Subuh. Namun begitu, beliau menasehati kita bahwa apabila mereka mengetahui keutamaan kedua Shalat tersebut, maka mereka akan mengerjakannya meskipun mereka harus merangkak.

Tinggalkan komentar