8 Keutamaan Dan Kebaikan Shalat Berjamaah Di Masjid

Shalat lima waktu adalah perkara wajib karena termasuk sebagai tiang agama yang memang harus ditunaikan, kita sebagai umat Islam sudah seharusnya mendirikan Shalat setiap harinya secara teratur. Akan tetapi sudahkah kita tahu bahwa sebaik-baiknya melaksanakan Shalat adalah berjamaah di Masjid? Dan tahukah anda meninggalkan Shalat bisa kafir? (<—-Silahkan baca posting ini).

Untuk hal itu mari kita baca 8 keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid yang tentunya akan membawa kita menjadi seorang Muslim yang lebih baik dan mengikuti Sunnah Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

8 keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid

Tentu kita harus tahu kenapa dan apa yang didapat jika kita melaksanakan Shalat berjamaah dan berhenti Shalat sendiri di rumah, tentu belum banyak yang tahu keutamaan dan kebaikan Shalat berjamaah di Masjid maka silahkan dibaca penjelasan lengkap dan detailnya berikut ini.

Delapan alasan untuk berhenti Shalat dirumah dan mulai Shalat di Masjid

Ada begitu banyak kebaikan pada melaksanakan Shalat secara berjamaah dan Nabi Muhammad ﷺ amat menekankan keutamaan dalam banyak kesempatan dan pernyataan. Dan ini adalah enam alasan kenapa setiap saudara Muslim dalam Iman Islam seharusnya berhenti shalat di rumah dan mulai melakukan Shalat di Masjid.

1. Pahala dua puluh tujuh kali

Nabi Muhammad ﷺ memberitahukan dalam hadits otentik bahwa pahala melaksanakan Shalat secara berjamaah jauh lebih besar dibandingkan Shalat sendiri yaitu lebih besar dua puluh tujuh kali.

صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

”Shalat jamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dibandingkan shalat sendirian”. (HR. Bukhari).

Hadits lain menjelaskan bahwa pahalanya adalah dua puluh lima kali lebih besar. Berapapun pahala yang didapat, tetap saja Shalat berjamaah di Masjid jauh lebih besar keutamaannya.

2. Para Malaikat akan mendoakan kita

Dalam sebuah narasi yang luar biasa dari Nabi Muhammad ﷺ, beliau bersabda bahwa para malaikat akan selalu mendoakan mereka yang tetap pada posisi Shalatnya selama ia tetap dalam Wudhunya.

Rasulullah ﷺ bersabda;

“Para malaikat mendoakan salah seorang dari kalian sejauh ia tetap pada tempat Shalatnya dalam keadaan Wudhu’. Mereka (Para Malaikat) berkata: “Oh Allah! Ampunilah dia, Oh Allah! Ampunilah dirinya”. [Sahih Al Bukhari].

3. Sebagian ulama mewajibkan shalat berjamaah di Masjid

Setelah memerintahkan kepada kita untuk mendirikan Shalat, di dalam Al Qur’an, Allah secara khusus Berfirman:

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٲكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 43).

Yang “ruku’ bersama atau beserta orang-orang yang ruku’”. Banyak ulama besar memahami ayat ini adalah Shalat Jamaah adalah wajib bagi setiap Muslim lelaki. Meskipun tidak semua ulama berpegang pada pandangan ini, namun mengatakan bahwa hal ini merupakan Sunnah yang amat ditekankan, namun hal ini seharusnya cukup untuk menyemangati kita untuk semakin bergiat Shalat Berjamaah di Masjid”.

4. Membebaskan kita dari kemunafikan

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam memperingatkan khususnya kepada kita bahwa Shalat paling berat bagi orang Munafik adalah Shalat berjamaah Isya’ dan Subuh. Namun begitu, beliau menasehati kita bahwa apabila mereka mengetahui keutamaan kedua Shalat tersebut, maka mereka akan mengerjakannya meskipun mereka harus merangkak.

Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلاَةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلاَةُ الْعِشَاءِ وَصَلاَةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا وَلَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ آمُرَ رَجُلاً فَيُصَلِّىَ بِالنَّاسِ ثُمَّ أَنْطَلِقَ مَعِى بِرِجَالٍ مَعَهُمْ حُزَمٌ مِنْ حَطَبٍ إِلَى قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ بِالنَّارِ

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Shubuh. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada dalam kedua shalat tersebut tentu mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak. Sungguh aku bertekad untuk menyuruh orang melaksanakan shalat. Lalu shalat ditegakkan dan aku suruh ada yang mengimami orang-orang kala itu. Aku sendiri akan pergi bersama beberapa orang untuk membawa seikat kayu untuk membakar rumah orang yang tidak menghadiri shalat Jama’ah”. (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651, dari Abu Hurairah).

5. Mendapatkan pahala Shalat seluruh malam

Bicara shalat Isya dan Subuh, Nabi Muhammad ﷺ memberitahukan kepada kita apabila siapapun yang Shalat Isya secara berjamaah, maka ia akan diberi pahala shalat separuh malam, dan jikalau ia melakukannya pula pada Shalat Subuh berjamaah maka dia mendapat pahala Shalat sepanjang malam.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ، وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

”Barangsiapa yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka seperti shalat setengah malam. Barangsiapa yang shalat Isya dan Fajr berjamaah, maka seperti shalat sepanjang malam”. (HR. Abu Dawud dan Tirmizi, di-shahih-kan oleh Syaikh Albani).

6. Shalat Berjamaah mengampuni ampunanmu dan mengangkatmu

Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam memberitakan kepada kita bahwa salah satu cara diampuni dosa kita dan meningkatkan taqwa kita yaitu melalui langkah-langkah kita ke Masjid.

Abu Sa’eed Al Khudri mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Maukah kalian saya beritakan sebuah hal yang akan membuat dosamu diampuni Allah dan meningkatkan kebaikan?’ Mereka menjawab: ‘Iya, oh Rasulullah’. Beliau menambahkan: ‘Berwudhulah sebaik mungkin meski dalam keadaan sulit, memperbanyak langkah kaki menuju Masjid dan menunggu Shalat berikutnya setelah Shalat”. (Sunan Ibn Majah).

مَنْ تَوَضَّأَ لِلصَّلَاةِ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ مَشَى إِلَى الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ، فَصَلَّاهَا مَعَ النَّاسِ أَوْ مَعَ الْجَمَاعَةِ أَوْ فِي الْمَسْجِدِ غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوبَهُ

”Barangsiapa yang berwudhu untuk shalat dengan menyempurnakan wudhu, kemudian berjalan untuk menunaikan shalat wajib, dan shalat bersama manusia atau bersama jamaah atau di masjid, maka Allah akan mengampuni dosanya”. (HR. Muslim).

7. Melindungi kita dari Setan

Shalat berjamaah akan menjaga pelakunya dari setan, dan hal ini menurut penjelasan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ ذِئْبُ الْإِنْسَانِ كَذِئْبِ الْغَنَمِ، يَأْخُذُ الشَّاةَ الْقَاصِيَةَ وَالنَّاحِيَةَ، فَإِيَّاكُمْ وَالشِّعَابَ، وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ وَالْعَامَّةِ وَالْمَسْجِدِ

”Sesungguhnya setan itu serigala bagi manusia seperti serigala pemangsa kambing. Dia akan memangsa kambing yang sendirian dan terpisah (dari kawanannya). Janganlah menyendiri bahkan kalian wajib untuk bergabung bersama jamaah, bersama orang banyak, dan masjid”. (HR. Ahmad, dengan sanad jayyid).

8. Diberi kegembiraan, Rahmat, kemudahan saat melalui Shirath

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dalam suatu kesempatan menjelaskan.

الْمَسْجِدُ بَيْتُ كُلِّ تَقِيٍّ، وَقَدْ ضَمِنَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ لِمَنْ كَانَ الْمَسَاجِدُ بُيُوتَهُ الرَّوْحَ، وَالرَّحْمَةَ، وَالْجَوَازَ عَلَى الصِّرَاطِ

”Masjid adalah rumah bagi setiap orang yang bertakwa. Dan Allah menjamin orang-orang yang menjadikan masjid sebagai rumahnya dengan kegembiraan, rahmat, dan kemudahan melintasi shirath.” (HR. Thabrani dan Al-Bazaar. Al-Bazaar berkata, ”Sanadnya hasan”. Al-Mundziri berkata sebagaimana perkataan Haitsami, ”Perawi hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bazaar semuanya adalah perawi yang digunakan dalam kitab shahih”. (Hadits ini di-shahih-kan oleh Syaikh Albani).

Itulah delapan keutamaan dan kebaikan dari melaksanakan Shalat berjamaah di Masjid untuk anda resapi dan fahami. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya, oleh karenanya mulai sekarang lakukan Shalat Fardhu secara berjamaah di Masjid setiap harinya untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan pula keutamaan untuk kehidupan di dunia dan di akhirat anda.

Semoga Allah selalu menjadikan kita termasuk kedalam golongan yang bersemangat menghadiri Masjid-Nya….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin. Silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat siapa tahu mereka membutuhkan informasi yang disajikan sekarang ini. Dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar