Kumpulan Doa Ibadah Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam paling utama dan wajib bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakannya secara fisik dan finansial. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai doa-doa yang diamalkan ketika kita melaksanakan Ibadah Haji, karena saatnya sangat utama.

Setiap umat Islam sudah seharusnya berkeinginan dalam hatinya dan berniat ingin melaksanakan haji meskipun kondisi saat ini masih belum memungkinkan, karena keinginan dan meniatkan ingin berhaji Insya Allah sudah membuahkan pahala baginya.

Setiap Muslim sepatutnya melaksanakan Haji dengan sikap yang benar dan bimbingan yang tepat. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas kumpulan doa-doa yang seharusnya kita hafal dan panjatkan selama melaksanakan ibadah Haji di Mekkah.

Dan Insya Allah kumpulan doa-doa haji ini bermanfaat bagi siapapun umatnya Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam yang ingin berangkat menunaikan ibadah penuh kemuliaan dan barokah ini.

Kumpulan doa ibadah Haji

Berikut adalah doa-doa yang sudah seharusnya dihafal dan dipanjatkan saat ingin dan melaksanakan ibadah Haji.

Doa ketika ingin meninggalkan rumah

بِسْمِ اللهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ

Latin: “Bismillah, tawakkaltu’alallahi, wa laa haula wa laa quwaata illaabillah”.

Artinya: “Dengan nama Allah, saya percayakan hanya kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah.”

Silahkan lengkapnya untuk membaca doa keluar rumah.

Doa ketika memasuki Masjid al-Haram

أَعُوذُ بِاللهِ الْعَظِيمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِا, للَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Latin: “Audzubillahi ‘ladhimi wa biwajhihilkariimi wa sulthonihilqodiymi min syaithooni rojimii, Allahumaftah liyy abwa”.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah, Yang Maha Tinggi dan dengan Wajah-Nya yang Agung, dan kekuasaan-Nya yang kekal terhadap iblis yang terkutuk. Oh Allah, bukalah pintu ampunan (Bagiku).”.

Talbiyah Haji

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ ، لَا شَرِيكَ لَكَ

Latin:

“Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.”

Artinya:

“Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu”.

Doa untuk Thawaf

سُبْحَان اللهِ وَ الْحَمْدُ لِلّهِ وَ لآ اِلهَ اِلّا اللّهُ، وَ اللّهُ اَكْبَرُ وَلا حَوْلَ وَلاَ قُوَّة ِ الَّا بِاللّهِ

Latin: “Subhaanallaah, walhamdulillaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wala haulaa walaa kuwwata illaa billaah”.

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar dan tiada daya maupun tenaga kecuali dengan Allah.”

Doa Sa’i

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺼَّﻔَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮْﻭَﺓَ ﻣِﻦْ ﺷَﻌَﺎﺋِﺮِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻤَﻦْ ﺣَﺞَّ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖَ ﺃَﻭِ ﺍﻋْﺘَﻤَﺮَ ﻓَﻠَﺎ ﺟُﻨَﺎﺡَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺃَﻥْ ﻳَﻄَّﻮَّﻑَ ﺑِﻬِﻤَﺎ ﻭَﻣَﻦْ ﺗَﻄَﻮَّﻉَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺷَﺎﻛِﺮٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ

Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebahagian dari syiar Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah atau melakukan umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan thawaf (baca: sa’i) antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui” (QS. Al Baqarah: 158).

Doa ketika meminum air zam zam

للَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمَاً نَافِعَاًً وَرِزْقَاً وَاسِعَاًَ وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Latin: “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon waasi’an wa syifa’an min kulli daa-in”.

Artinya: “Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“.

Baca juga Umroh Akhir Tahun 2019.

Doa-doa melaksanakan haji diatas merupakan doa dasar yang seharusnya telah dihafal oleh jemaat haji dan memanjatkannya sesuai aturan. Semoga Allah menerima semua doa dan ibadah mereka yang melaksanakan haji di tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya, dan semoga kita dapat berangkat pula menunaikan ibadah yang termasuk dalam rukun Islam ke-5 ini.

Semoga anda semua mendapat haji yang mabrur dan menjadi insan yang lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya dan selalu berjalan diatas tuntunan dan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam…..Aaamiiin Allahuma Aaamiiin. Dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar