Kumpulan Doa Pendek Bermanfaat

Inilah kumpulan doa pendek amat bermanfaat bagi kita Umat Muslim untuk menjalani aktivitas rutin dalam kehidupan sehari-hari dimana kita akan dapati doa berwudhhu, doa masuk Masjid, doa masuk rumah dan seterusnya. Silahkan untuk langsung dibaca dan dihafalkan doa-doa pendek bermanfaat ini agar kita selalu ingat dan mendapat petunjuk dari Allah Azza Wa Jalla.

Al Qur’an merupakan kitab suci dari Allah Azza Wa Jalla yang diwahyukan kepada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam, dimana didalamnya terdapat bimbingan yang dapat kita pegang untuk menghadapi kehidupan sehari-hari dan memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan agama,

Setiap umat Islam sudah sewajarnya menumbuhkan rasa butuh untuk membaca Al Qur’an dan memahami pesan yang dibawanya dengan cara yang benar. Dengan melakukan ini, kita akan dapati bahwa pengetahuan yang terdapat dari kitab suci Allah ini dapat diterapkan di berbagai era.

Salah satu dari sekian hal yang ditekankan Allah kepada setiap Muslim adalah memanjatkan doa kepada-Nya.

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: “Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60).

Dan doa merupakan bagian dari ibadah selain Shalat, puasa, menikah dan sebagainya. Seperti dalam sebuah Hadits Shahih, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menekankan bahwa doa adalah Ibadah kemudian membacakan Ayat di atas [HR Abu Dawud no. 1479, at-Tirmidzi (5/211), dan Ibnu Majah no. 3828].

Agama Islam menekankan kepada setiap Muslim untuk berdoa meskipun pada perkara kecil dalam kehidupannya, karenanya setiap umat Islam sering terlihat berdoa kepada Allah Azza Wa Jalla meskipun pada perkara-perkara yang tampak sangat remeh pada kehidupannya sehari-hari.

Dalam agama Islam, Al Qur’an memiliki begitu banyak doa yang sudah seharusnya kita menghafalnya untuk menjalani rutinitas sehari-harinya. Di bawah ini, kami telah berhasil mengumpulkan kumpulan doa yang amat sangat bermanfaat bagi rutinitas dalam menjalani hidup.

Kumpulan doa pendek bermanfaat

Inilah kumpulan doa-doa ringan namun sangat bermanfaat guna mengiringi kita dalam melakukan aktivitas rutin dalam menjalani hidup sehari-hari.

Doa Wudhu

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Latin: Allahumaaj alniiy  minaa tawabina waj alniyy minalmutatohariinaa.

Artinya: “Oh Allah, jadikan diriku termasuk orang-orang yang selalu kembali kepada-Mu dalam keadaan bertaubat dan jadikan diriku bersih dan suci.”

Baca pula penjelasan lengkapnya di doa dan niat Wudhu. dan cara Wudhu sesuai Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam.

Doa setelah mendengar Adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّداً الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوداً الَّذِي وَعَدْتَهُ، إَنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Artinya:: “Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia.

Baca pula penjelasan lengkapnya di doa mendengar Adzan.

Doa masuk Masjid

أَعُوذُ بِاللهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. [بِسْمِ اللهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَّامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ] اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bahasa latin: A’uudzu billaahil ‘azhiim, wa biwajhihil kariim, wa sulthoonihil qodiim, minasy-syaithoonir-roji, (bismillaah, wash-sholaaatu) (was-salaamu ‘alaa rosuulillaah) allaahummaftah lii abwaaba rohmatik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung, dengan wajahNya Yang Mulia dan kekuasaanNya yang abadi, dari setan yang terkutuk [1] Dengan nama Allah dan semoga shalawat [2] dan salam tercurahkan kepada Rasulullah [3] Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmatMu untukku.” [HR. Abu Dawud, lihat Shahih Al-Jami’ no.4591. HR. Ibnu As-Sunni no.88, dinyatakan Al-Albani “hasan”. HR. Abu Dawud, lihat Shahih Al-Jami’ 1/528. HR. Muslim 1/494].

Jangan lupa untuk pula membaca penjelasan detilnya di doa masuk Masjid.

Doa keluar Masjid

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Latin: “Allahumma inni as-aluka min fadhlika”.

Artinya: Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu”. [HR. Muslim 713].

Doa sebelum makan

بِسْمِ الله

Latin: Bissmillah.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah.”

Doa setelah makan

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِين

Latin: Alhamdulillahi Ladzii At’amanaa wa tsaqoo naa wajalanaa mina almuslimiin.

Arti: “Segala puji dan syukur hanya kepada Allah karena telah memberi kami kami dan minum, dan menjadikan kami sebagai orang Muslim.”

Doa untuk memasuki rumah

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَ بِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin: Bismillahi walajnaa, wa bismillahi khoroojnaa, wa alaa robinaa tawakalna.

Artinya: “Dengan nama Allah kami masuk, dan dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah kami bergantung.”

Doa keluar rumah

بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Latin: Bismillahi, tawakaltu alallahu, wa la hawla wa la quwata illabillah.

Artinya: “Dengan nama Allah, kupercayakan segalanya kepada Allah, yang tiada daya dan upaya kecuali hanya Allah.”

Doa saat berpakaian

الْحَمْدُ للهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا (الثَّوبَ) وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Latin: Alhamdulillahi ladzii kasaaniyy hadza (tawba) warozaqoniihi min ghoirii hawliiin miniiy wa laa quwa tiin.

Artinya: Segala puji hanya kepada Allah yang telah memberiku pakaian dengan ini dan menyediakan untuk dirku, meskipun aku tak berdaya dan tidak mampu.”

Doa melepas pakaian

بِسْمِ اللهِ

Latin: Bismillah.

Artinya: “Dengan nama Allah.”

Doa memakai pakaian baru

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Latin: Allahuma lakalhamduu anta kasaw tanihi, as alukaa min khoiirii hii wa khoiri maa sunia lahu, wa audzu bikaa min syarihi wa syari maa sunia lahu.

Artinya: “O Allah, segala puji bagimu. Telah memberiku pakaian. Aku memohon kepadamu untuk kebaikannya dan kebaikan dimana ia dibuat, dan aku memohon perlindunganmu dari kejahatannya dan kejahatan ia buat untuk.”

Akhirul kalam

Sekali lagi saya ingatkan bahwa doa memiliki tempat mulia dalam Islam dimana setiap Muslim harus memahami dan menyadari keutamaan dari memanjatkan doa. Kemuliaannya ditekankan sekali oleh Allah seperti pada surat yang telah saya kutip di paragraf sebelumnya.

Maka sudah sewajarnya agar kita selalu memanjatkan doa kepada Allah Azza Wa Jalla dalam berbagai situasi dan kondisi dan sudah pasti Allah akan mengabulkan semua doa-doa kita yang bermanfaat dan berguna bagi kita.

Dan seharusnya pula kita mempelajari bahasa Arab dan doa dalam bahasa Arab yang kita panjatkan setiap harinya. Doa-doa ini amat bermanfaat bagi kehidupan kita agar selalu mendapatkan berkah dan petunjuk selalu.

Silahkan diberitahukan kepada keluarga, teman, kerabat, saudara/saudari dan kerabat mengenai informasi kumpulan doa pendek bermanfaat ini siapa tahu mereka membutuhkannya pula dan bisa menjadi ladang amal buat anda karena menyiarkan perkara yang ma’ruf. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa depan.

Tinggalkan komentar