Advertisements

Lafal Ijab Kabul Nikah

Aitarus.com — Apakah anda berencana menikah di tahun ini atau tinggal menunggu hari? Jika iya maka Alhamdulillah semoga segala urusan lancar untuk anda. Nikah merupakan perkara yang disunnahkan dalam Islam, bahkan seruan untuk melaksanakannya ada dalam Al Qur’an yang dapat kita temui pada Qs An-Nuur (24): 32.

Tentu setiap Muslim ingin menikah dan menyempurnakan agamanya kemudian memiliki keturunan yang soleh dan solehah. Dan membangun keluarga Sakinah, Mawadah dan Warohmah.

Sebelum dilaksanakannya sebuah pernikahan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti Rukun Nikah. Setelah itu hal yang tidak kalah pentingnya adalah menghafal kalimat ijab kabul untuk diikrarkan kepada wali dan saksi.

Nah bagi saudara seiman Islam, di artikel kali ini akan saya bagikan lafal Ijab Kabul nikah untuk anda hafalkan demi mempersiapkan diri anda.

Apa itu ijab kabul?

Ijab Kabul merupakan ucapan orang tua atau wali dari pengantin wanita yang menikahkan putri atau wanita kepada pengantin pria. Pihak wali atau orang tua menikahkan si wanita kepada si pria dan si pria menerima mempelai wanita untuk ia nikahi.

Setelah mempelai pria mengucapkan bahwa dirinya menerima nikah dari ayah mempelai atau wali wanita maka yang hadir akan menyempurnakan dengan mengucap sah, sebagai tanda bahwa mereka telah resmi dan halal menjadi suami istri.

Lafal Ijab Kabul Nikah

Ijab kabul berisi penjelasan dan jawaban saat prosesi nikah, yang bisa diutarakan dalam bahasa Indonesia atau juga bahasa Arab.

Namun apabila pengantin tidak dapat mengucapkannya dengan bahasa Arab maka diperbolehkan mengucap dengan bahasa Indonesia, karena agama memberikan kemudahan untuk urusan Nikah.

Lafal Ijab Nikah dalam bahasa Arab untuk wali nasab (orang tua pengantin perempuan)

أنكحتك وزوجتك مخطوبتك بنتي ……. علىالمهر ……. حالا

“Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti (nama pengantin perempuan) alal mahri (bentuk mahar atau mas kawin) hallan.”

Artinya:

“Saya nikahkan dirimu, dan aku kawinkan dirimu dengan pinanganmu, putriku (nama si pengantin perempuan binti nama ayah) dengan mahar dibayar tunai.”

Lafal Ijab Nikah dalam bahasa Arab untuk wali hakim

أَنْكحتُكَ وَزَوَّجْتُكَ مَخْطُوبَتَكَ الكريْمَة……. بِمَهْرِ……….. حَالًا

Ankahtuka wazawwajtuka mahtubatakal karimah….. (sebutkan nama mempelai perempuan) dengan mahar….(sebutkan mahar atau mas kawin) haalan.

Maka langsung dijawab oleh pengantin pria dengan lafal berikut:

Lafal Ijab Kabul Nikah dalam bahasa Arab pengantin pria

قبلت نكاحها وتزويجها على المهر المذكور ورضيت بهى والله ولي التوفيق

“Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq.”

Artinya:

“Saya terima nikah juga kawinnya beserta mas kawin / mahar yang disebutkan, maka aku rela dengan itu. Agar Allah selalu menganugerahi.”

Lafal Ijab Kabul Nikah bahasa Indonesia untuk wali

Apabila tidak dapat mengucapkannya dalam bahasa Arab maka dibolehkan menggunakan bahasa Indonesia. Tidak ada larangan untuk itu.

“Ananda (nama pengantin pria) bin (nama ayahnya) saya nikahkan dan saya kawinkan dengan (nama pengantin wanita) binti (nama ayahnya) dengan mas kawin berupa (harus disebutkan mas kawinnya), dibayar tunai”.

Tinggalkan komentar