Advertisements

12 Saat Dan Waktu Terbaik Untuk Berdoa

Saat dan waktu terbaik untuk berdoa—Kata doa berarti “permohonan” atau “permintaan”. Dalam Islam, doa merupakan sebuah konsep berkomunikasi dengan Allah. Dan dikabulkannya doa tergantung dari sejumlah faktor, seperti adab berdoa, dan selain faktor itu adalah waktu yang terbaik dan tepat untuk memanjatkan doa. Ada sejumlah waktu dimana presentasi dikabulkannya doa anda lebih besar.

Saat dan waktu terbaik untuk berdoa

Ini adalah 12 saat dan waktu terbaik untuk memanjatkan doa yang berdasarkan penjelasan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam merupakan waktu terbaik untuk berdoa.

1. Sepertiga malam terakhir

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” [HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808].

Baca juga tata cara Shalat Tahajud.

2. Antara Adzan dan Iqamah

Diriwayatkan oleh Anas Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

Sungguh berdoa antara adzan dan iqamah tidak tertolak, maka pergunakanlah untuk berdo’a.” [Ahmad 1220, Abu Dawud 521].

Baca juga doa setelah Adzan.

3. Akhir malam

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

“Saat malam, ada waktu dimana jika seorang Muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, maka akan dikabulkan, dan waktu ini ada disetiap malam.” [Diriwayatkan oleh Muslim, 757].

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

إِنَّ مِنَ اللَّيْلِ سَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Ada satu jam pada waktu malam dimana jika seorang Muslim memohon kebaikan dunia dan akhirat maka Dia akan mengabulkannya”. [Sahih Muslim 757 b ].

4. Hari Jum’at

Hari Jum’at merupakan hari paling penting dan diberkahi selama seminggu bagi umat Muslim. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda dalam sebuah Hadits.