Saran Terbaik Nabi Muhammad untuk Pengendalian Infeksi

Kami akan menjelaskan beberapa saran yang diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam kepada para pengikutnya dari perspektif informasi dan pengetahuan sekuler.

Dan dengan melakukan itu, kita akan melihat bahwa Nabi Muhammad memang seorang pria untuk semua zaman. Dia adalah orang yang sangat sukses dalam berbagai urusan dunia juga akhirat. Meneladaninya dia mungkin adalah nasihat paling bijak yang Anda atau saya akan pernah dapatkan.

Karantina & Isolasi

Selama masa hidupnya, Nabi Muhammad menyarankan agar para pengikutnya untuk tidak melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang diketahui menderita penyakit dan memberi tahu mereka yang sakit untuk tinggal di rumah dan tidak menyebarkan penyakit lebih jauh. Dia berkata:

Jika Anda mendengar bahwa ada wabah penyakit di suatu negeri, jangan memasukinya; dan jika itu (wabah) mengunjungi suatu tanah ketika Anda berada di sana, jangan tinggalkan itu. [1]

Nabi Muhammad juga menyarankan orang sakit untuk tidak mengunjungi orang sehat. [2] Di seluruh dunia, dalam 21 st abad, otoritas kesehatan mengambil nasihat bijak Nabi Muhammad setiap hari.

Saat ini otoritas kesehatan masyarakat mengandalkan dua strategi untuk menghentikan penyebaran penyakit menular, karantina, dan isolasi. Isolasi berlaku untuk orang yang diketahui memiliki penyakit, dan karantina berlaku untuk mereka yang telah terpapar penyakit tetapi yang mungkin atau mungkin tidak menjadi sakit.

Perhatikan bahwa Nabi Muhammad tidak mengawali nasihatnya dengan “jika Anda sakit”. Orang-orang dapat menyebarkan penyakit walaupun mereka tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Karenanya karantina dan tindakan pengendalian kesehatan masyarakat lainnya sangat penting. Mereka mengurangi kontak antara mereka yang menderita penyakit dan mereka yang rentan terhadap penyakit.

Langkah-langkah semacam itu mencegah penyebaran penyakit, mengandung infeksi, dan mencegah kerusakan yang tak terhingga pada manusia dan infrastruktur. [3]

Penyakit yang Ditularkan Nyamuk

Virus Zika , misalnya, disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi. Meskipun virus Zika dalam beberapa kasus bisa relatif ringan,namun  ia bertanggung jawab atas cacat lahir yang parah jika ditularkan dari wanita hamil ke janinnya.

Studi menunjukkan bahwa nyamuk betina lebih suka bertelur di air yang dikumpulkan atau disimpan dalam wadah buatan manusia. Telur nyamuk menempel pada dinding wadah air seperti lem dan tetap melekat sampai mereka digosok.

Saat telur mengering, mereka bisa bertahan hingga 8 bulan. Jika hujan atau air menutupi telur, mereka menetas dan menjadi dewasa dalam waktu sekitar seminggu. Jika air harus disimpan, harus dalam wadah tertutup rapat yang mencegah nyamuk masuk dan bertelur. [4]

Nabi Muhammad menyarankan pengikutnya untuk menutupi peralatan makan mereka dan untuk menutup atau menutupi kulit air dan wadah air. Dalam salah satu tradisinya, Nabi Muhammad menyebutkan bahwa suatu malam akan muncul epidemi. [5]

Ketika kita memasuki kuartal kedua tahun 2020, lebih dari 150 negara di seluruh dunia berjuang, atau bersiap untuk memerangi pandemi terbesar yang dihadapi umat manusia sejak Flu Spanyol tahun 1918. Pada saat itu sekitar 500 juta orang terinfeksi dan 20 hingga 50 orang. juta orang meninggal sebagai akibatnya.

Virus baru yang dikenal sebagai Covid 19 telah melihat pemerintah dan otoritas di banyak negara menerapkan saran Nabi Muhammad, termasuk, karantina, isolasi, dan kebersihan yang ketat.

Di masa yang mengkhawatirkan ini, kita diminta oleh mereka yang berwenang untuk mempraktikkan jarak sosial jika kita merasa tidak sehat, berusia lanjut, atau menderita sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena penyakit kronis, termasuk tetapi tidak terbatas pada, diabetes, penyakit jantung, dan asma. Lebih lanjut, mereka yang telah berhubungan dengan kasus Covid 19 yang diketahui harus tinggal di rumah selama waktu yang ditentukan oleh otoritas terkait.

Banyak negara telah menutup tempat-tempat umum termasuk masjid, sekolah, dan bisnis, sementara menerapkan isolasi rumah yang ketat. Beberapa negara telah menyegel perbatasan mereka. Semua hal ini sangat sejalan dengan sunnah Nabi Muhammad.

Air yang terkontaminasi

Menurut CDC (Pusat Pengendalian Penyakit) ketika air terkontaminasi dengan bahan organik (misalnya, kotoran manusia atau hewan, rumput, dan daun), kemungkinan larva nyamuk akan bertahan hidup dapat meningkat.

Perintah-perintah Allah melindungi kita dari hal-hal yang kita pahami dan ketahui tetapi juga dari hal-hal yang tidak kita ketahui. Sementara Nabi Muhammad mungkin tidak memahami siklus hidup nyamuk, ia waspada dengan fakta bahwa kotoran manusia dulu dan sekarang masih merupakan bahaya kesehatan.

Nabi Muhammad memperingatkan agar tidak kencing di air yang tergenang atau dari kencing di mana orang mandi. [6]

Dia juga memperingatkan agar tidak mengevakuasi usus di dekat sumber air, di pinggir jalan atau di tempat teduh. [7]

Hak atas air bersih dan sanitasi diakui oleh PBB sebagai hak asasi manusia pada tahun 2010.

Lebih dari 14 abad yang lalu Nabi Muhammad memperingatkan kita bahwa ada hubungan antara air, kebersihan dan kesehatan. Dia juga mengajarkan bahwa kebersihan adalah setengah dari iman. [8 ]

_____________________________

[1] Saheeh Muslim & Saheeh Bukhari

[2] Sahih Muslim

[3] http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3559034/

[4] https://blogs.cdc.gov/publichealthmatters/2016/03/zikaandwater/

[5] Muslim Shahih

[6] Ibn Majah & Abu Dawood

[7] Saheeh Muslim & Abu Dawood

[8] Sahih Muslim

(Dari Menemukan arsip Islam.)

Tinggalkan komentar