Advertisements

Tata Cara Shalat Isya’ Lengkap Niat Hingga Salam Dan Doa

Shalat Isya’ merupakan salah satu dari lima shalat Fardhu yang wajib untuk dilakukan setiap harinya, kecuali ada alasan yang dibenarkan menurut Syariat untuk meninggalkannya.

Dan Shalat Isya’ terdiri dari empat rakaat dan dua kali tahiyat dan satu salam, dikerjakan pada malam hari setelah Shalat Maghrib hingga pertengahan malam.

Shalat ini salah satu dari dua Shalat yang amat berat dilakukan terutama bagi mereka yang munafik (Lihat HR. Bukhari no. 657) selain Shalat Subuh. Dikarenakan waktu malam merupakan waktu beristirahat sedangkan waktu Subuh adalah waktu menikmati istirahat. Dan tentu saja bagi mereka yang mendirikannya akan mendapat banyak keutamaan yang akan didapat sebanding dengan Shalat sebanyak setengah malam.

Dan di artikel ini kita akan membahas mengenai tata cara Shalat Isya’ dari Niat hingga Salam, untuk kita semua menimba dan memetik manfaatnya.

Dalil mengerjakan Shalat Isya’

Mengenai dalil Syar’i untuk mengerjakan Sholat Isya’ sudahlah jelas dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam berikut ini.

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ

“Barangsiapa melaksanakan shalat Isya’ secara berjamaah, maka dia seperti telah melaksanakan shalat malam selama separuh malam.

Balasan bagi yang mengerjakan Shalat Isya’

Shalat Isya’ amat dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah, dan pahala yang akan didapat bagi mereka yang mengerjakannya adalah sebagai berikut.

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa melaksanakan shalat Isya’ secara berjamaah, maka dia seperti telah melaksanakan shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah, maka dia seperti telah shalat seluruh malam.”

Ancaman bagi mereka yang meninggalkan

Shalat Isya’ merupakan salah satu dari lima Shalat Fardhu yang telah ditetapkan waktunya, dan bagi mereka yang meninggalkannya akan mendapat hukuman.

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui al ghoyya, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh.” (QS. Maryam : 59-60).