Advertisements

Tuntunan Dan Cara Shalat Subuh Lengkap Dari Niat Hingga Salam

Aitarus.com — Sholat Subuh atau shalat Fajar adalah ibadah yang termasuk ke dalam ibadah shalat Fardhu / wajib yang dikerjakan saat Fajar Shodiq yakni dimana cahaya putih mengarah ke ufuk, hingga sampai awal terbitnya matahari. Lihat waktu Shalat wajib.

Karena Shalat Subuh adalah ibadah Fardhu maka wajib hukumnya, jika tidak dikerjakan mendapat dosa besar. Oleh karenanya setiap orang yang mengaku beriman kepada Allah Ta’ala tidak seharusnya melalaikannya apalagi meninggalkannya.

Perintah melaksanakan Shalat Subuh

Allah Azza Wa Jalla memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk mendirikan shalat Subuh setiap hari. Dan perintahNya jelas tertulis dalam ayat Al Qur’an berikut ini.

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

Tuntunan dan tata cara shalat Subuh

Pastikan anda terlebih dahulu sudah menunaikan syarat syah Shalat sebelum melaksanakan shalat Subuh.

Syarat syah shalat:

  1. Suci tubuh dari najis dan hadas.
  2. Menutup aurat dan berpakaian yang rapi dan sopan.
  3. Berada ditempat yang bersih dan suci dari najis dan kotoran.
  4. Sudah masuk shalat. Lihat jadwal shalat Subuh.
  5. Menghadap kiblat.

Setelah itu silahkan langsung menuju langkah-langkahnya: Berikut adalah langkah-langkah melaksanakan Shalat Subuh dari niat hingga salam.

Selama shalat mata anda tertuju / menatap kepada tempat sujud dan namun jika anda shalat di Masjidil Haram didepan Ka’bah maka mata anda menatap Ka’bah.

Rakaat Pertama

Membaca Niat Shalat Subuh

Meskipun tiada riwayat Shahih mengenai perlunya membaca niat secara lisan. Namun para Ulama Syafi’i membolehkan membacanya dalam hati untuk meneguhkan fikiran dan hati untuk shalat. Adapun niat dibaca dalam hati sebelum memulai shalat Subuh.

Niat Sholat Subuh Sendiri

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Latin :” Usholli Fardhol Shubhi Rok’atainiI Mustaqbal Qiblati Ada’an Lillaahi Ta’aaLa”.

Artinya: Aku berniat (Melaksanakan) shalat Fardhu Subuh (Sebanyak) dua rakaat menghadap kiblat (Semata-mata) karena Allah Ta’ala.

Tinggalkan komentar