Tempat Ziarah Utama Di Mekkah Saat Ibadah Haji

Artikel ini berisi informasi mengenai tempat-tempat ziarah utama di Mekkah yang paling sering didatangi oleh Jamaah Haji setiap tahunnya, sebagian tempat merupakan bagian dari pelaksanaan ibadah Haji dan sebagian lainnya bukan hanya sebagai perjalanan historik menuju situs bersejarah dalam dunia Islam. Silahkan dibaca informasi ini Insya Allah mendatangkan manfaat.

Haji merupakan salah satu bagian dari 5 Rukun Islam. Ibadah yang satu ini merupakan salah satu dalam kewajiban agama yang utama namun hanya bagi yang mampu secara fisik dan finansial (Keuangan). Allah Azza Wa Jalla berfirman dalam Al Qur’an.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.” [Ali Imran: 97].

Seorang Muslim yang mampu baik secara fisik dan finansial wajib melaksanakan ibadah Haji paling tidak sekali dalam hidupnya.

Pergi Haji dianggap sebagai salah satu ibadah terbaik yang dapat dilaksanakan seorang Muslim dalam hidupnya. Abu Hurairah  (Radhiyallahu Anhu) memberitakan.

“Nabi Muhammad (Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam) ditanya ibadah apa yang terbaik?. “Beliau (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) menjawab: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya”. Beliau (Shallallahu Alaihi Wa Sallam) ditanya lagi, kemudian apa? Beliau menjawab: “Jihad di jalan Allah.” Beliau (S.A.W) ditanya kembali, kemudian apa? Beliau (S.A.W) menjawab, “Haji yang diterima.” [Bukhari].

Salah satu dari sekian banyak hadiah dan juga pahala yang Allah Azza Wa Jalla janjikan akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya selama ibadah Haji adalah pengampunan tak terhingga banyaknya terhadap seluruh dosa-dosa. Maka, Haji merupakan kesempatan besar untuk menghapus seluruh dosa masa silam dan memulai kehidupan baru dengan iman lebih besar.

Seruan Haji pertama kali digaungkan oleh Nabi Ibrahim Alaihi Sallam, kemudian disempurnakan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam. Jutaan umat Muslim dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Mekkah pada bulan Dzulhijjah untuk berhaji guna menunjukkan kepatuhan kepada kehendak Allah Maha Kuasa dan menyerukan kalimat Tauhid (Silahkan baca Rukun Iman).

Umat Islam berkumpul di Mekkah untuk berhaji dan menziarahi tempat-tempat sakral untuk memenuhi panggilan Allah untuk mendatangi Rumah-Nya. Ada banyak tempat suci di Mekkah yang diziarahi jamaah saat Haji.

Maka apabila kita ingin melaksanakan ibadah Haji secara optimal maka kita harus mengunjungi semua tempat suci di Arab Saudi ini. Dibawah ini merupakan daftar kumpulan tempat Ziarah di Mekkah yang harus dikunjungi selama melaksanakan Ibadah Haji.

6 Tempat Ziarah Utama Di Mekkah Saat Ibadah Haji

Berikut adalah tempat-tempat ziarah yang biasa dikunjungi oleh jamaah Haji baik karena merupakan bagian dari ibadah haji dan sebagian lain sebagai napak tilas yang bukan bagian dari ibadah Haji.

1. Mina

Mina
merdeka.com

Mina terletak 8 km timur dari Masjidil Haram, ini merupakan tempat singgah dimana Jamaah menghabiskan sebagian besar malam saat melaksanakan Haji. Jamaah tiba disini pada hari ke-8 Dzulhijjah dan kemudian dari hari 10 hingga 13 Dzulhijjah.

Mina juga dikenal sebagai “kota tenda” yang memainkan peranan amat penting selama musim Haji yang berlangsung setiap tahunnya. Disana terdapat sekitar 100.000 tenda bagi para jamaah yang berlokasi di lembah Mina.

Mina merupakan tempat dimana para Jamaah Haji melempar batu (Jumrah), mengenang kembali peristiwa Nabi Ibrahim Alaihissalam melempar setan dengan batu, dimana saat itu setan berusaha mempengaruhi Nabi Ibrahim untuk meninggalkan perintah Allah.

Dan setiap jamaah Haji wajib mendatangi tempat ini.

2. Masjidil Haram

Masjidil Haram
win911.com

Ka’bah merupakan bait Allah yang berada di Masjid Al Haram. Ka’bah yang suci merupakan Bait Allah bagi setiap Muslim yang ingin melihat dan menyentuh Hajar Aswad paling tidak sekali seumur hidup.

Maka di Masjid Al Haram, maka kita akan dapati Ka’bah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, bukit Safa dan Marwah.

Selain itu sumur Zamzam juga berlokasi di dalam Masjid dimana setiap Jamaah Haji dapat minum air ini.

3. Muzdalifah

Muzdafilah
kantorurusanhaji.com

Muzdalifah terletak di Mekkah, merupakan dataran yang berada antara Arafah (Padang terbuka dan luas di Mekkah) dan Mina. Setelah Wukuf di Arafah, Jamaah Haji diperintahkan untuk berdzikir disana dan mabit (bermalam) hingga sebelum terbitnya matahari kecuali ada Udzur.

Di puncak bukit Muzdalifah, ada sebuah Masjid dimana para Jamaah Haji dapat melaksanakan Shalat selamat bermalam. Muzdalifah merupakan salah satu tempat utama yang diziarahi selama berhaji.

4. Bukit Arafat / Jabal al-Arafat / Jabal Rahmah

Bukit Arafah
hasansagaf.wordpress.com

Hari Arafah jatuh pada hari kedua Haji yang merupakan hari kesembilan (ke-9) Dzulhijjah dimana umat Muslim bergerak dari Mina ke gunung Arafah. Berdiri di Arafah merupakan ibadah esensi ketika ibadah Haji dan jika jamaah tidak melakukannya, maka seluruh Hajinya batal. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyampaikan Khutbah perpisahan yang terkenal di Arafah.

Seluruh umat Muslim mendatangi gunung Arafah untuk Wukuf dan menetap disana meski hanya sebentar untuk berdzikir kepada Allah.

5. Gua Hira

Gua Hira
islampos.com

Memang menziarahi gua Hira bukan bagian dari ibadah Haji, namun tempat ini merupakan tempat amat bersejarah dan amat penting dalam lahirnya agama Islam.

Goa Hira merupakan tempat dimana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam menerima wahyu pertama. Ini merupakan tempat dimana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyendiri di masa awal usia 40 tahun. Gua Hira berada 5 km dari Masjidil Haram. Orang biasa mendaki bukit dan memakan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai puncaknya. Dan ini merupakan salah satu tempat tujuan yang amat banyak dan sering dikunjungi oleh Jamaah Haji.

6. Gua Tsur

Gua Tsur
islami.co

Gua Tsur merupakan sebuah tempat dimana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam menghabis waktu selama tiga hari dan tiga malam bersama Abu Bakar Radhiyallahu Anhu ketika mereka hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Untuk mencapai tempat ini memakan waktu selama 1 setengah jam dari permukaan tanah.

Akhirul Kalam

Semua tempat di atas merupakan tempat Ziarah Utama di Mekkah yang sebagian wajib dikunjungi sebagian tidak selama melaksanakan ibadah Haji. Semoga saudara/saudari seiman dalam Islam yang melaksanakan Ibadah Haji pada tahun ini diterima Allah dan mendapat Haji yang mabrur….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin.

Silahkan beritakan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat yang mungkin membutuhkan informasi ini dan berencana berangkat Haji ke tanah suci pada tahun ini, terima kasih sudah mengunjungi dan membaca informasi tentang tempat ziarah utama di Mekkah saat Haji ini dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam AiTarus.Com di masa depan.

Tinggalkan komentar