Inilah Waktu Shalat Tahajud Paling Utama

Waktu Shalat Tahajud Terbaik
  • Advertisements

  • Penjelasan lengkap mengenai 3 waktu shalat Tahajud dan kapan waktu terbaik /paling utama melaksanakan shalat Tahajud? Semuanya akan dibahas disini untuk seluruh umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah Shalat Muakkad (Yang ditekankan) yang amat besar keutamaannya ini.

    Shalat merupakan salah satu dari rukun Islam. Shalat secara umum berarti doa untuk mendapatkan ampunan dan berkah dari Allah Ta’ala. Dalam Islam terdapat dua jenis shalat, yakni shalat Fardhu (Wajib), contohnya adalah shalat 5 waktu yang ditentukan waktunya yang harus dikerjakan meski dalam kondisi apapun, sedangkan jenis kedua adalah Nafilah (Tambahan contohnya Shalat Sunnah) yang sifatnya tidak wajib dikerjakan namun disunnahkan.

    Nafilah artinya melakukan tambahan. Dan diantara shalat Nafilah terdapat sejumlah Shalat seperti Shalat Tahiyatul Wudhu, Shalat Isyraq (Dua rakaat setelah Shalat Fajar hingga Matahari Terbit), Shalat Dhuha dan juga Shalat Tahajud. Untuk Tahajud, al-Qur’an memberikan penekanan mengenai keutamaannya:

    وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

    Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

    Dari ayat di atas Allah menjelaskan bahwa barangsiapa yang melaksanakan Tahajud maka Allah Ta’ala akan mengangkatnya ke tempat yang terpuji. Ini merupakan kedudukan yang setiap Muslim ingin capai.

    Banyak sudah yang merasakan keberkahan dan fadhilah dari melaksanakan Tahajud ini, kehidupan mereka menjadi jauh lebih baik senantiasa dalam keadaan jiwa yang bersih dan tenang dibawah petunjuk dan lindungan Allah Ta’ala.

    Karena itulah sudah sewajarnya kita sebagai umat Islam menjadikan Shalat Tahajud sebagai amalan rutin yang kita lakukan setiap malam—Setelah ‘Isya hingga masuk waktu shalat Subuh (Fajar)—sebagai tambahan untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Menciptakan kita.

    Lalu pertanyaannya sekarang kapan waktu terbaik shalat Tahajud? Akan dijawab di dalam artikel ini untuk anda semua mengetahuinya.

    Memang dalam pelaksanaan shalat Tahajud ada waktu yang lebih utama dibanding waktu-waktu yang lain. Waktu semakin dekat kepada masuknya shalat Subuh merupakan waktu paling utama untuk Shalat Tahajud.

    Waktu Shalat Tahajud Paling Utama

    Perlu diketahui bahwa Shalat Tahajud dilakukan setelah waktu ‘Isya dan batas akhirnya hingga masuk Shalat Subuh.

    Jadi mengerjakan shalat Tahajud adalah setelah Shalat Isya dan berakhir ketika masuk waktu Shalat Subuh.

    Sedangkan untuk pertanyaan mengenai apakah harus tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan Shalat Tahajud, maka ada ulama yang mengatakan harus tidur ada yang tidak mengharuskannya, untuk bahasan lebih lanjut silahkan ke apakah Shalat Tahajud harus tidur lebih dulu?

    Sudah tahukah cara mengerjakannya? Jika belum silahkan pelajari di tata cara Shalat Tahajud lengkap.

    Sepertiga malam pertama

    Kita dapat melakukan shalat Tahajud pada waktu sepertiga malam pertama, ini juga waktu amat baik, yakni sekitar jam 22:00 malam setelah ‘Isya dan setelah bangun tidur. Dilaksanakan minimal sebanyak 2 rakaat dan maksimal tiada batas rakaat. Lakukan dengan khusyu’ dan ikhlas, setelahnya di barengi dengan melakukan ibadah lainnya, seperti membaca al Qur’an dan berdzikir sebagai Qiyamul Lail.

    Sepertiga malam kedua

    Waktu shalat Tahajud yang juga amat baik adalah pada sepertiga malam kedua, tepatnya di antara jam 22:00 hingga 01:00 dini hari. Lakukan setelah bangun tidur. Dengan pula melakukan ibadah lainnya seperti membaca al Qur’an dan berdzikir mengingat Allah Ta’ala agar kita selalu dalam lindungan dan maghfirohNya.

    Sepertiga malam ketiga / terakhir

    Ini merupakan waktu shalat Tahajud paling utama, waktu sepertiga malam terakhir merupakan waktu utama, tepatnya sekitar jam 01.00 hingga sebelum waktu masuk Shalat Subuh. Inilah waktu yang terbaik, bagi mereka yang meninggalkan tempat tidur untuk beranjak mengingat Allah Ta’ala dengan melakukan ibadah meminta kebaikan dan keberuntungan dunia dan akhirat. Dan Allah Ta’ala akan mengabulkan semua permintaan kita.

    Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shohbihi Wa Sallam berikut ini:

    يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

    ”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808).

    Oleh karena itu, Waktu sepertiga malam inilah yang menjadi waktu-waktu paling utama untuk mengerjakan suatu amalan atau ibadah sunnah layaknya sholat tahajud. Sehingga dengan cara memilih waktu yang paling utama ini, semoga seluruh fadhilah yang terdapat di dalamnya mampu untuk diraih dan menjadikan kualitas hidup lebih baik. Tentunya juga senantiasa mendapat perlindungan dari Sang Pencipta alam semesta.

    Kesimpulan

    Ketiga waktu Shalat Tahajud diatas merupakan waktu-waktu utama untuk melakukan ibadah malam yang besar manfaat dan pahalanya ini. Ingat semua waktu adalah baik namun yang waktu terbaik untuk Shalat Tahajud adalah di sepertiga malam terakhir.

    Meski begitu, apabila anda hanya sanggup melaksanakannya di sepertiga malam pertama atau kedua, tetaplah merupakan hal utama, karena anda memilih berdoa dan mengingat Allah Ta’ala disaat orang lain tertidur pula.

    Karena Allah Ta’ala memberikan gambaran kepada mereka yang jauh dari tempat tidurnya demi berdoa kepada-Nya dalam ayat berikut:

    تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا

    “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap.” [As-Sajdah/32: 16].

    Ibnu Katsir Rahimahullah menjelaskan, “Yang dimaksud dengan apa yang mereka lakukan adalah shalat malam dan meninggalkan tidur serta berbaring di atas tempat tidur yang empuk.”[Tafsiir Ibni Katsir: VI/363].

    Insya Allah informasi waktu Shalat Tahajud terbaik / paling utama ini bermanfaat untuk kita semua, Aaamiiin Allahuma Aamiiin.

    Tinggalkan komentar